Menpora Dito Dampingi Presiden Hadiri Upacara Pembukaan Piala Presiden 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara pembukaan turnamen sepak bola Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (19/7) sore.

Menpora Dito Dampingi Presiden Hadiri Upacara Pembukaan Piala Presiden 2024 Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara pembukaan turnamen sepak bola Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (19/7) sore. (foto:andre/kemenpora.go.id)

Bandung: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara pembukaan turnamen sepak bola Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (19/7) sore. 

Dalam pembukaan kejuaraan pramusim ini, Menpora bersama Presiden Jokowi menyaksikan laga pembuka antara juara bertahan Persib Bandung melawan PSM Makassar. Selain Menpora, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana didampingi sejumlah pejabat pemerintah lainnya di antaranya Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Presiden Jokowi menerangkan, Piala Presiden yang tahun ini memasuki edisi keenam merupakan turnamen pemanasan untuk klub-klub menjelang digulirkannya Liga 1 musim 2024/2025. Penyelenggaraan kejuaraan ini merupakan bagian dalam memperbanyak kompetisi sepak bola Tanah Air.

"Makin banyak kompetisi makin baik. Ada kompetisi di liga, Liga 1, Liga 2. Ada kompetisi di SSB, kompetisi amatir, kompetisi di FIFA, kompetisi di AFC, kompetisi di AFF. Semakin banyak ikut kompetisi, makin baik untuk sebuah tim," tutur Presiden Jokowi seusai laga pembuka.

Harapan Presiden Jokowi, turnamen yang sudah digelar sejak 2015 di bawah kepemimpinannya ini bisa dilanjutkan pada masa pemerintahan Presiden berikutnya, Prabowo Subianto.

Diketahui, Piala Presiden 2024 diikuti delapan tim Liga 1 yang dibagi ke dalam dua grup. Grup A meliputi Persib Bandung, Borneo FC, PSM Makassar dan Persis Solo, bertanding di Stadion Si Jalak Harupat. Sementara grup B terdiri Bali United, Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United yang bertanding Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. 

Memperebutkan hadiah Rp5 miliar, Piala Presiden 2024 digelar mulai 19 Juli, dengan partai finalnya direncanakan pada 4 Agustus mendatang. Laga pembuka di Bandung sendiri dimenangkan Persib Bandung dengan skor akhir 2-0. Gol pertama Maung Bandung dicetak Ciro Alves di menit 14, sementara gol kedua merupakan gol bunuh diri pemain PSM Makassar Nermin Haljeta di menit ke-41.

Upacara pembukaan Piala Presiden diwarnai penampilan tarian kolosal Nusantara, serta pertandingan hiburan antara tim 63 anak-anak SSB melawan tim enam pemain legenda Persib Bandung. Jumlah 63 anak menggambarkan usia Presiden Jokowi, sementara jumlah enam pemain legenda menggambarkan edisi Piala Presiden yang tahun ini merupakan kali keenam penyelenggaraan. (luk)

BAGIKAN :
PELAYANAN