Peringati Hari Lahir Pancasila, Kemenpora Gelar Bincang Literasi ‘Pancasila Bagi Birokrat Muda’

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar bincang literasi dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Perpusatakaan Pungkas Tri Baruno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6).

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kemenpora Gelar Bincang Literasi ‘Pancasila Bagi Birokrat Muda’ Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar bincang literasi dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Perpusatakaan Pungkas Tri Baruno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6). (foto:herry/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar bincang literasi dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Perpusatakaan Pungkas Tri Baruno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6). 

Bincang literasi edisi ketujuh ini mengambil tema ‘Pancasila Bagi Birokrat Muda’. Hadir sebagai pemateri adalah Nofia Fitri. Dia merupakan seorang dosen pancasila dan kewarganegaraan Poltekkes Jakarta III. 

“Bincang literasi ini merupakan kegiatan rutin setiap bulannya. Juni bertepatan dengan memperingati Hari Lahir Pancasila. Jadi bincang literasi kali ini mengangkat tema tentang Pancasila,” ujar Kepala Perpusatakaan Pungkas Tri Baruno Kemenpora Khanif Idris. 

Khanif berharap melalui forum diskusi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). Termasuk juga memperkuat nilai-nilai kebangsaan. 

“Semoga dengan ruang-ruang diskusi ini bisa menjadi warna baru dengan saling berinteraksi dan juga menginspirasi bagi orang-orang disekitar kita,” katanya. 

Nofia Fitri sebagai pemateri menyampaikan Pancasila sebagai dasar dan filosofi negara. Menurutnya, terdapat lima bagian didalamnya seperti identitas bangsa, kepribadian bangsa, pandangan hidup bangsa, jiwa bangsa, dan perjanjian luhur. 

“Jadi ASN ini memiliki peran yang sangat strategis dalam melaksanakan kebijakan, memberikan pelayanan publik yang maksimal, dan juga sebagai pemersatu bangsa,” jelasnya.

“Sangat bersyukur bincang literasi ini bisa dilakukan. Semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua, dan paling penting mengamalkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri,” tambahnya.

Hadir dalam bincang literasi ini yaitu Plh Kepala Biro Humas dan Umum Kemenpora Indra Jayaatmaja dan Penanggungjawab Bidang Kehumasan Kemenpora, Isye Marisye. 

Sementara itu, peserta yang hadir terdiri dari puluhan pegawai Kemenpora, perwakilan Perpustakaan Kemendikbudristek, Perpusatakaan Ditjen Gatrik, Perpustakaan Kemendagri, Perpusatakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Perpustakaan Nasional. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN