Peringati Hari Kartini, Hardiknas dan Harkitnas 2024, Penasehat DWP Kemenpora Salurkan Bakti Sosial Kursi Roda di SLB YDBA Purwakarta

Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (DWP Kemenpora RI), Niena Kirana Ario Bimo Nandito memberikan bantuan kursi roda kepada Sekolah Luar Biasa Yayasan Dharma Bhakti Asih (SLB YDBA) Cibening, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (21 /5).

Peringati Hari Kartini, Hardiknas dan Harkitnas 2024, Penasehat DWP Kemenpora Salurkan Bakti Sosial Kursi Roda di SLB YDBA Purwakarta Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (DWP Kemenpora RI), Niena Kirana Ario Bimo Nandito memberikan bantuan kursi roda kepada Sekolah Luar Biasa Yayasan Dharma Bhakti Asih (SLB YDBA) Cibening, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (21 /5).(foto:herry/kemenpora.go.id)

Purwakarta: Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (DWP Kemenpora RI), Niena Kirana Ario Bimo Nandito memberikan bantuan kursi roda kepada Sekolah Luar Biasa Yayasan Dharma Bhakti Asih (SLB YDBA) Cibening, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (21 /5).

Bakti Sosial DWP Kemenpora ini mengangkat tema besar yakni, 'Keterbatasan di Balik Keistimewaan Menembus Batas'. Baksos ini dalam rangka memperingati Hari Kartini, Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024.

"Kegiatan baksos yang kami lakukan hari ini diadakan bertujuan untuk dapat mewujudkan kepedulian kami terhadap Sekolah Luar Biasa," kata Penasehat DWP Kemenpora Niena Kirana dalam sambutannya. 

"Selain itu juga untuk memberikan pemahaman kepada orang tua dan guru terhadap pola pengasuhan disabilitas dengan penuh cinta kasih seiring dengan usia tumbuh kembang anak-anak," lanjutnya.

Selain kursi roda (5 buah), dalam baksos juga diberikan  berupa alat tulis dan tas (82 buah), perlengkapan alat lukis serta alat tutorial make up by Wardah. 

Lebih lanjut, Niena menyampaikan bahwa, ia juga memiliki seorang kakak yang juga down syndrome. Kunjungan ini lanjutnya, memiliki makna istimewa untuknya. 

"Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa saya juga datang dari keluarga yang cukup beruntung, dititipkan seorang kakak yang juga berkebutuhan khusus. Saya punya kakak yang down syndrome," urainya.

"Jadi, kunjungan kita hari ini ke YDBA tu cukup spesial buat saya. Karena kunjungan ini juga memiliki makna khusus untuk saya. Saya harap dengan sedikit bantuan dari kami di DWP Kemenpora ini dapat membantu dan sedikit berkontribusi untuk para jajaran pengajar dan pengurus lainnya dalam mendidik, menjaga anak dan adik-adik kita di YDBA ini," harap Niena. 

Penasehat DWP Kemenpora RI ini juga berharap kepada para guru dan pengurus SLB YDBA untuk terus bersabar dalam menjaga dan mendidik anak-anak. Niena juga terkesan dengan penyambutan yang hangat dari SLB YDBA Cibening.

"Sekali lagi harapan kami, bahwa dengan apa yang sudah kita bawa hari ini benar-benar membuat para pengurus SLB YDBA Cibening ini semakin semangat dalam mendidik anak-anak. Saya juga menitipkan para anak-anak disini dan saya yakin para orang tua murid dan para pengajar pasti Allah telah memberikan kesabaran dan hati seluas samudra untuk menjaga dan mendidik," harapnya lagi.

"Terima kasih atas sambutannya yang hangat ini. Kami juga senang bisa berkunjung disini semoga semua tetap semangat dan selalu bahagia menjaga anak-anak disini," pungkasnya. 

Dalam baksos ini juga disampaikan kuliah singkat psikologi dari Dosen Psikologi Nurhidayah Amar dengan tema 'Dibalik Keterbatasan Ada Keistimewaan Menembus Batas'.

"Kenapa menembus batas, saya cek sebelumnya yaitu yang dikirim pemerintah melalui Kemenpora yaitu ada beberapa paralimpian yang mewakili Indonesia di Paralimpiade di Paris tahun ini. Kita berharap semoga anak-anak kita disini nanti akan lahir menjadi atlet tingkat dunia dan membawa nama YDBA dan Indonesia," ujarnya.

Turut hadir pada acara ini, Ketua DWP Kemenpora Sunarti Gunawan Suswantoro beserta para pengurus DWP Kemenpora, Kepala Biro SDM Yayat Suyatna, Pengawas Wil. IV Prov. Jabar, J. Manurung, Ketua Yayasan SLB YDBA Purwakarta Hamzah Nasrudin, Kepala Sekolah SLB YDBA Purwakarta Aam Mardiah. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN