Buka Kejurnas Panahan 2023, Menpora Dito Ingin Atlet Fokus Raih Prestasi Terbaik Untuk Menuju Pentas Olimpiade

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Tahun 2023 yang sekaligus juga Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut di Lapangan Stadion GOR Padjajaran, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/11) siang.

Buka Kejurnas Panahan 2023, Menpora Dito Ingin Atlet Fokus Raih Prestasi Terbaik Untuk Menuju Pentas Olimpiade Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Tahun 2023 yang sekaligus juga Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut di Lapangan Stadion GOR Padjajaran, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/11) siang. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Bogor: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Tahun 2023 yang sekaligus juga Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut di Lapangan Stadion GOR  Padjajaran, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/11) siang. 

Layaknya seperti atlet panahan, Menpora Dito  dan Wakil Ketua Umum I PB Perpani yang juga Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan  serta  Wakil Walikota Bogor H Dedie A Rachim memegang busur dengan anak panah yang dilepaskan ke arah target sasaran. Pelepasan ini menandai pembukaan Kejurnas tersebut.

Dalam sambutanya, Menpora Dito  mengucapkan terima kasih kepada Perpani karena sudah mengelar kejurnas panahan sekaligus kualifikasi PON 2024 dan Kejurnas panahan katagori barebow.

"Alhamdulillah hari ini telah terselenggara Kejurnas dari Panahan dan juga sekaligus babak kualifikasi  PON 2024.  Kejurnas Barebow juga ada. Lalu, ini saya sangat senang karna diikuti oleh 35 provinsi dan juga ada 718 atlet yang mengikuti. Karena itu, saya ingin mengucapkan  terima kasih untuk Perpani yang sudah mengelar kejurnas ini,"" kata Menpora Dito.

"Pada kesempatan ini saya meminta kepada para atlet untuk fokus agar bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Sekarang baru dua atlet  yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Masih ada dua tiket tambahan lagi untuk tampil di Olimpiade Paris 2024," sambung Menpora Dito 

Dikatakan Menpora Dito, dari  718 atlet yang ikut bertanding diharapkan bisa  termotivasi dan juga bisa melihat inspirasi dari dua atlet yang sudah lolos ke Olimpiade, Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa dan juga dari almarhum Kusuma Wardhani sebagai  legenda atlet  panahan Indonesia.

"Almarhum Kusuma Wardhani berhasil merebut medali pertama untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Seoul 1988 yaitu medali perak. Karena itu, saya  berharap di dalam  kejurnas ini nantinya bisa sebagai tolak ukur dan juga evaluasi bagi kepengurusan Perpani  dan juga program pelatihan bagi atlet panahan," ujarnya.

Menpora Dito berharap ke depan 
scouting dari calon atlet ini pastinya tidak hanya untuk di kancah nasional tapi juga di  internasional. 

"Kami Kemenpora pastinya mendukung terselenggaranya acara ini dan juga program pembinaan dan juga meningkatkan kapasitas atlet dan pengurus. Kita tahu bahwa cabor panahan ini salah satu yang kita harapkan meraih prestasi  di Olimpiade,' ucapnya.

"Di kepemimpinan Presiden Jokowi, atlet semakin  sejahtera. Karena itu, saya berharap adik-adik mimpinya dunia. Karena cabor panahan sangat kita berharap untuk meraih prestasi di dunia," tutupnya.

Kejurnas Panahan Tahun 2023  digelar pada  tanggal 18-24 November 2023. Sedangkan Kejurnas Panahan khusus kategori Barebow akan berlangsung dari tanggal 25-27 November 2023. (rep)

BAGIKAN :
PELAYANAN