Menpora Dito Buka Peparpenas X 2023 Dengan Pelemparan Bola Bochia

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru resmi membuka Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X 2023 di Palembang Sport and Convention Center, Selasa (1/8) malam.

Menpora Dito Buka Peparpenas X 2023  Dengan Pelemparan Bola Bochia Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru resmi membuka Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X 2023 di Palembang Sport and Convention Center, Selasa (1/8) malam.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

Palembang: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru resmi membuka Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X 2023 di Palembang Sport and Convention Center, Selasa (1/8) malam. 

Pembukaan ditandai dengan pelemparan bola Bochia yang langsung mendapat sambutan luar biasa dari penonton. "Pertama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah ikut membantu Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang telah berupaya keras untuk menyiapkan event olahraga bagi penyandang disabilitas ini," ujar Menpora Dito.

"Saya juga ingin mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet atau peserta yang akan berjuang di Pekan Paralimpik Pelajar Nasional tahun 2023," tambahnya.

Menpora Dito juga menyampaikan bahwa, Pekan Paralimpik Pelajar Nasional ini merupakan multi-events olahraga yang telah berhasil menjadi kunci utama dalam kesuksesan Indonesia di tingkat Internasional selama ini.

"Kesuksesan penyelenggaraan ini dapat kita lihat dari prestasi Indonesia dimana kita menjadi Juara Umum 3 kali berturut turut pada ASEAN Para Games termasuk tahun 2023 ini, di tahun 2018 dimana kita juga berhasil menempati peringkat 5 di Asia," kata Menpora Dito.

Menteri yang baru berusia 32 tahun ini juga menilai prestasi-prestasi ini merupakan hasil akumulasi perjuangan para atlet-atlet muda di berbagai ajang olahraga di tingkat internasional maupun di tingkat nasional seperti multi-sports event Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X Tahun 2023 ini.

"Besar harapan kami bahwa kesuksesan penyelenggaraan dan prestasi atlet-atlet senior pada Asian Para Games dan ASEAN Para Games selama ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh atlet-atlet yang berada disini, untuk ikut berlatih, menjadi calon atlet dunia masa depan," harapnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada Menpora Dito dan jajaranya yang sudah mempercayakan Sumsel menjadi tuan rumah Peparpenas X Tahun 2023.

"Acara ini selain untuk prestasi olahraga disabilitas juga memberi dampak ekonomi bagi Sumatera Selatan. Oleh karenanya saya ucapkan terima kasih kepada pak Menpora dan jajaranya," ujar Herman Deru. 

Dari Kemenpora ikut hadir mendampingi Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Asdep Olahraga Layanan Khusus Ibnu Hasan, Asdep Olahraga Masyarakat Suryati, dan Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Aliya Noorayu Laksono, serta Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra. (amr)

BAGIKAN :
PELAYANAN