Menpora Dito Dorong Universitas Indonesia Buka Program Studi Managerial Tata Kelola Keolahragaan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendorong Universitas Indonesia (UI) agar membuka mata kuliah ata program studi managerial olahraga.

Menpora Dito Dorong Universitas Indonesia Buka Program Studi Managerial Tata Kelola Keolahragaan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendorong Universitas Indonesia (UI) agar membuka mata kuliah ata program studi managerial olahraga.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendorong Universitas Indonesia (UI) agar membuka mata kuliah ata program studi managerial olahraga.

"Saya minta semoga berkembangnya tidak hanya di marathon (olahraga lari) dan di kegiatan olahraga lainnya juga. Dan yang paling penting kita berharap UI bisa menjadi pionir untuk mengadakan prodi di managerial olahraga," kata Dito Ariotedjo dalam sambutannya pada acara Press Conference BNI - UI Half Marathon 2023 di Media Center - Kemenpora, Jakarta Pusat, Jumat (26/5). Kegiatan sendiri BNI-UI Half Marathon 2023 yang rencananya akan diselenggarakan pada 16 Juli 2023 di kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Menpora Dito beralasan, program studi managerial olahraga sangat penting. Sebab, saat ini Indonesia sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa fokus di tata kelola keolahragaan. Bahkan, menurutnya, Asian Games 2018 yang lalu Indonesia harus mengimpor SDM dari luar karena kekurangan SDM managerial olahraga dalam negeri.

"Kita kita butuh sekali SDM sarjana S1 yang bisa fokus managerial tata kelola olahraga dan arsitektur olahraga. Kita tahu Asian Games (2018) kemarin kita hampir semuanya impor SDM dari luar. Kalau UI tertarik kita siap mendukung," jelas Menpora Dito.

Sementara itu, BNI-UI Half Marathon 2023, Menporav Dito mengatakan pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Kita mengapresiasi bahwa UI kembali mengadakan Half Marathon. Jadi ini adalah bentuk kita mendorong para insan pendidikan dan juga para pihak swasta untuk menggelorakan semangat berolahraga," katanya.

Menurut politisi muda Partai Golkar ini, hal tersebut merupakan fokus dari Kemenpora untuk melakukan pembudayaan olahraga di masyarakat.

"Saya sangat bahagia, almamater saya menjadi pionir dan dari acara yang sudah mendapatkan award sebagai Half Marathon terbaik," ujarnya.

Menpora Dito juga menjelaskan, pihaknya di Kemenpora sudah banyak mendukung kegiatan yang tidak hanya olahraga profesional dan prestasi. Namun juga olahraga event yakni kombinasi antara sport dan entertainment serta olahraga masyarakat. Menppora pun berharap UI bisa memperbanyak kegiatan yang berkolaborasi dengan dunia olahraga.

"Semoga tidak berhenti di Half Marathon, semoga program yang berkolaborasi dengan sektor olahraga diberpbanyak dan semoga UI bisa menjadi universitas yang ramah dengan olahraga dan peduli terhadap ekosistem olahraga, dari sisi pembinaan prestasi serta pendidikan," harapnya.

Hadir dalam acara ini, Wakil Rektor bidang SDM dan Asset Unversitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, Ketua Ikatan Alumni UI (Iluni) Didit Ratam, Direktur Institutional  Banking BNI, Muhammad Iqbal, Wakil Rektor UI Bidang Keuangan dan Logistik, Vita Silvira, S.E, MBA, Wakil Dirut BNI, Adi Sulistyowati, komunitas UI Runner, dan komunitas runner lainnya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN