Wakili Presiden RI, Menpora Dito Buka Kongres XII 2023 GAMKI di Ambon

Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), di Gedung Christian Center, Ambon, Maluku, Minggu (14/5) siang.

Wakili Presiden RI, Menpora Dito Buka Kongres XII 2023 GAMKI di Ambon Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), di Gedung Christian Center, Ambon, Maluku, Minggu (14/5) siang.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Ambon: Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), di Gedung Christian Center, Ambon, Maluku, Minggu (14/5) siang.

"Iya hari ini kita hadir di Kota Ambon secara resmi mewakili Bapak Presiden Joko Widodo untuk membuka secara resmi Kongres XII GAMKI, salam hangat dari Bapak Presiden, bagi beliau Maluku khususnya Kota Ambon, adalah sesuatu yang hebat untuk Indonesia," ucap Menpora Dito yang juga didampingi Asdep Karakter Pemuda Deputi Pemberdayaan Pemuda, Amar Ahmad.

Dari tema "Pulihkan Bangsa Kami, Mewujudkan Kepemimpinan Pemuda Kristen Yang Transformatif dan Inovatif", Presiden memberikan apresiasi karena GAMKI dipandang memiliki konsistensi dan berkelanjutan dalam turut serta membangun sektor kepemudaan. 

"SDM yang berkualitas sangat diperlukan dan menjadi program pemerintah menuju 2045, dimana sebentar lagi usia 16-30 tahun akan mencapai 67 juta, yang kerap disebut Bonus Demografi," lanjutnya dalam menyampaikan pesan Presiden.

"Peran aktif pemuda yang kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing, menjadi sebuah tuntutan pada generasi milenial atau generasi Z ini, diharapkan GAMKI menjadi salah satu pelopornya," tambahnya.

Selain pesan Presiden, Menpora Dito juga menyampaikan harapan besarnya kepada GAMKI sebagai sebuah organisasi kepemudaan keagamaan. Kerjasama sinergitas dengan Kemenpora semakin ditingkatkan, dengan ide-ide baru yang cemerlang, meskipun secara masa jabatan yang terbilang singkat.

"Saya memang hanya 1,5 tahun masa jabatan saat ini, namun kolaborasi aktif dan dinamis dapat terus dilakukan. Kemenpora konsen dengan ide-ide gagasan untuk pembangunan kepemudaan yang kreatif, inovatif, dan dinamis," harap Menpora Dito.

Terakhir dipesankan, tahun ini hingga 2024 adalah tahun politik, pilihan boleh beda, tetapi pemuda harus aktif, tidak boleh abai dalam partisipasi demokrasi.

"Tahun 2024 anak muda harus berpartisipasi dalam demokrasi, dengan tetap menjaga persatuan dari nilai-nilai Pancasila," ajaknya.

"Dan karena ini kongres yang akan menentukan keberlanjutan organisasi, saya berharap semoga Kongres XII GAMKI ini berjalan lancar, dingin, nyaman, dan damai," tutupnya.

Pembukaan secara simbolis ditandai dengan pemukulan Tifa, alamat musik kebanggaan Ambon. Hadir, pejabat dan tokoh penting, seperti Wakil Gubernur Maluku Barnabas N Orno, Stafsus Presiden Billy Mambrasar, Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta, Deputi II KSP Abetnego Panca Putra Tarigan, Stafsus Presiden, Anggota DPR RI asal Ambon Mercy Chriesty Barends, Ketua MPO GAMKI Michael Wattimena, Waketum Sherly Wattimena, dan Ketua Panitia Kongres Lucky Wattimury. (cah)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN