Menpora Amali Resmi Buka Kejuaraan Dunia Balap Sepeda TISSOT UCI Track Nations Cup 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka seri pertama balapan Sepeda Track tingkat dunia Jakarta Track Nations Cup 2023 atau TISSOT UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome, Jumat (24/2). Acara yang rencanannya digelar 23-26 Februari 2023 ini sekaligus menjadi pembuka babak kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Menpora Amali Resmi Buka Kejuaraan Dunia Balap Sepeda TISSOT UCI Track Nations Cup 2023 Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka seri pertama balapan Sepeda Track tingkat dunia Jakarta Track Nations Cup 2023 atau TISSOT UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome, Jumat (24/2). Acara yang rencanannya digelar 23-26 Februari 2023 ini sekaligus menjadi pembuka babak kualifikasi Olimpiade Paris 2024.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka seri pertama balapan Sepeda Track tingkat dunia Jakarta Track Nations Cup 2023 atau TISSOT UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome, Jumat (24/2). Acara yang rencanannya digelar 23-26 Februari 2023 ini sekaligus menjadi pembuka babak kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

"Dengan senantiasa mengharapkan ridho dan rahmat Allah Tuhan yang Maha Kuasa, dengan ucapan bismimillahirahmanirahim, kegiatan ini dengan resmi saya buka," ujar Menpora Amali.

Dalam sambutannya, Menpora Amali menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024 pertama yang digelar di Asia Tenggara dan Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah dan diikuti 500 pembalap dari 41 negara.

"Sebagai negara tuan rumah, Indonesia siap memberikan fasilitas terbaik. Jakarta International Velodrome adalah tempat trek terbaik dunia," ujar Menpora Amali. Dan kami sudah menerima reaksi positif dari para atlet internasional yang datang," ujar Menpora Amali.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menyampaikan, dalam Grand Design Olahraga Nasional (DBON), olahraga sepeda merupakan salah satu olahraga yang diprioritaskan untuk dikembangkan secara sistematis dan berkelanjutan karena banyaknya prestasi dan sumbangan medali. 

"Tentunya upaya peningkatan atlet dari cabang olahraga ini membutuhkan partisipasi semua pihak, termasuk pemangku kepentingan. Oleh karena itu, Pemerintah mengapresiasi dan berterima kasih kepada Union Cyclist Internationale (UCI) yang telah mendukung dan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah acara ini," katanya.

"Selamat berjuang untuk semua atlet, junjung tinggi sportifitas, dan manfaatkan event ini dengan sebaik-baiknya, khususnya bagi para atlet Indonesia kita untuk meraih poin demi lolos ke Olimpiade Paris 2024," harapnya.

Menpora Amalim pun menyampaikan terimakasih kepada pniti pelaksana, Ketua NOC Indonesia, Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Union Cyclist Internationale (UCI), Jakpro, dan PT Perusahaan Gas Negara atau Pertamina yang mensponsori kegiatan ini.

"Kita berharap event ini sukses dan anak-anak kita makin banyak yang lolos kualifikasi," pungkasnya.

Hadir dalam acara ini, Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Perwakilan PB ISSI, UCI Management Committee, Amarjit Singh, Sekjen Asian Cycling Confederation, Onkar Singh, dan lainnya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN