Kemenpora Gelar Upacara Hari Pahlawan, Harap Jadi Momentum Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (10/11). Sesmenpora Gunawan Suswantoro bertindak sebagai pembina upacara.

Kemenpora Gelar Upacara Hari Pahlawan, Harap Jadi Momentum Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (10/11). Sesmenpora Gunawan Suswantoro bertindak sebagai pembina upacara.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (10/11). Sesmenpora Gunawan Suswantoro bertindak sebagai pembina upacara. 

Upacara peringatan Hari Pahlawan dimulai pukul 07.30 WIB, setelah komandan upacara Bripka Apriyan Prayogo memberikan laporan. Upacara ini dihadiri pejabat serta staf di lingkungan Kemenpora dan berlangsung khidmat.

Pada kesempatan ini, Sesmenpora membacakan amanat dari Menteri Sosial Tri Rismaharini. Hari Pahlawan setiap tahunnya diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh. 

"Peringatan Hari Pahlawan ini juga seraya memanjatkan doa terbaik bagi seluruh pahlawan bangsa yang gugur di medan laga. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya," kata Sesmenpora. 

Sesmenpora mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan yang bergerak secara serempak mengusir musuh kala itu. Seluruh masyarakat dari berbagai elemen melebur menjadi satu. Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang
bersenjata lengkap. 

"Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu sangat layak untuk diperjuangkan. Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya
dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Sesmenpora. 

Diterangkan Sesmenpora, seluruh masyarakat harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. 

"Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi. Tidak mudah memang tapi pasti bisa," tutur Sesmenpora.

"Pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman," sambungnya.

Lebih lanjut, Sesmenpora bilang pahlawan bangsa telah mengajarkan tentang sebuah perjuangan. Sebesar apa pun ancaman dan tantangan harus dihadapi. 

"Dari Aceh hingga Papua, kita melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para
pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta," jelasnya.

Kemudian, Sesmenpora berharap kepada seluruh generasi penerus untuk meneladani semangat dari para pahlawan bangsa. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2022 yaitu 'Pahlawanku, Teladanku'. 

"Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa depan. Saudara-saudara, sebangsa dan setanah air, teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku," kata Sesmenpora.

"Dengan semangat 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat', peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat," tambahnya.

Pada momen ini, Sesmenpora ingin Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

"Jadikan lah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022," pungkas Sesmenpora. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN