DWP Kemenpora Kolaborasi dengan PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar kegiatan donor darah di Wisma Kemenpora, Senin (28/3). Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat.

DWP Kemenpora Kolaborasi dengan PMI Gelar Kegiatan Donor Darah Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar kegiatan donor darah di Wisma Kemenpora, Senin (28/3). Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar kegiatan donor darah di Wisma Kemenpora, Senin (28/3). Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat.

Penanggung Jawab Klinik Pratama PPITKON Kemenpora, dr Rora Asyulia mengatakan, peserta yang mengikuti donor darah ini merupakan pegawai di lingkungan Kemenpora. Adapun jumlah target peserta yang dicapai 100 orang.

“Peserta donor darah mencakup dari pegawai Kemenpora. Kegiatan ini rutin dilakukan sekitar per tiga bulan,” kara dr Rora disela-sela kegiatan donor darah.

Dia bilang, peserta yang berhasil melakukan  donor darah mencapai 75 orang. Selebihnya tidak bisa melakukan donor darah karena belum memenuhi syarat dengan alasan medis.

“Sebelum dilakukan donor darah, kita melakukan pengecekan terlebih dulu. Ternyata ada peserta yang belum bisa mendonorkan darah misalnya jarak vaksin kurang dari seminggu, kadar Hb-nya (Hemoglobin), kurang jam tidur,” ujar dr Rora.

Menurutnya, donor darah memiliki berbagai manfaat. Misalnya meningkatkan produksi sel darah, menjaga kesehatan jantung, serta membuat lebih sehat secara psikologis. 

“Jadi, selain baik untuk kesehatan diri, donor darah juga bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Harapan kita, alangkah baiknya bagi orang yang layak dan memenuhi syarat yang ada, harap bisa mendonorkan darahnya,” jelas dr Rora. 

Untuk diketahui, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu program kerja dari DWP Kemenpora. Pelaksanaan ini tentunya menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN