Menpora Amali Semangati Timnas Usai Kalah dari Thailand di Leg Pertama Final AFF 2020

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan apresiasi kepada para pemain tim nasional yang sudah berjuang dan memperlihatkan perlawananya dalam pertandingan leg pertama Final Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12) malam. Dalam laga ini, Indonesia kalah dengan skor 4-0.

Menpora Amali Semangati Timnas Usai Kalah dari Thailand di Leg Pertama Final AFF 2020 Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan apresiasi kepada para pemain tim nasional yang sudah berjuang dan memperlihatkan perlawananya dalam pertandingan leg pertama Final Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12) malam. Dalam laga ini, Indonesia kalah dengan skor 4-0.(foto:rayki/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan apresiasi kepada para pemain tim nasional yang sudah berjuang dan memperlihatkan perlawananya dalam pertandingan leg pertama Final Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12) malam. Dalam laga ini, Indonesia kalah dengan skor 4-0.

Menurut Menpora Amali, kekalahan yang dialamai skuad Garud tersebut karena para pemain Thailand tampil lebih baik. Disisi lain, kebobolan di menit-menit awal membuat Indonesia tertekan dalam mengejar ketertinggalan.

“Saya kira dimanapun, kalau ada tim yang sudah unggul di awal-awal babak pertama pasti itu akan berpengaruh bagi tim lawan maupun timnas. Saya kira itu yang terjadi,” ujar Menpora Amali di kantor Kemenpora, Rabu (29/12) malam.

Namun demikian, Menpora Amali berharap Indonesia bisa menang pada leg kedua yang akan digelar di lokasi yang sama pada tanggal 1 Januari mendatang. Meskipun hal tersebut berat karena harus memasukan minimal lima gol ke gawang Thailand.

“Kita berharap untuk leg kedua anak-anak kita bisa bangkit lagi, melupakan kekalahan yang hari ini dialami. Dan tentu tetap harus kita beri semangat, beri dukungan kepada mereka. Karena ini adalah pemain-pemain muda yang kita harapkan tim inilah yang akan tampil di SEA Games yang akan datang,” harapnya.

“Mudah-mudahan anak-anak kita tidak patah semangat, tetap bersemangat dan mudah-mudahan leg kedua ada strategi lagi yang akan dikeluarkan oleh pelatih Shin Tae-yong,” tambahnya.

Menpora Amali memastikan pemerintah memberikan perhatian atlet-atlet di semua cabang olahraga termasuk Sepakbola dan atlet yang bertanding di Piala AFF ini.

“Perhatian pemerintah itu bukan pada saat diujung, pemerintah memfasilitasi sejak awal, sejak persiapan di Pelatnas, pengirimannya kemudian kembali lagi dan itu akan kita lakukan terus,” ujarnya.

Terlebih, Indonesia akan menghadapi multi event olahraga SEA Games dan Asian Games 2022, walaupun dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) posisinya hanya sebagai sasaran antara.

“Tapi ini adalah persiapan kita untuk cabang olahraga yang bisa lolos kualifikasi olimpiade. Sepakbola tentu belum, tetapi karena sepak bola ini merupakan olahraga yang sangat digemari oleh begituu banyak masyarakat Indonesia, maka tentu pemerintah juga memberikan perhatian dan apresiasi terhadap capaian mereka,” jelasnya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN