KONI Pusat Gelar Rakernas 2021, Ini Pesan Menpora Amali

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat Tahun 2021 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/12).

KONI Pusat Gelar Rakernas 2021, Ini Pesan Menpora Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat Tahun 2021 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/12).(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat Tahun 2021 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/12). 

Rakernas ini mengangkat tema: Evaluasi Penyelenggaraan PON XX/2021 Papua, Menuju Sukses PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Menpora Amali memuji rakernas yang mengangkat tema tersebut. 

“Rakernas itu kan biasanya untuk evaluasi yang sudah dan persiapan untuk ke depannya. Kebetulan ini dikaitkan dengan evaluasi pelaksanaan PON Papua dan menyongsong PON Sumut-Aceh,” kata Menpora Amali sambutannya.

Menpora Amali menilai tema rakernas ini sangat baik untuk mengevaluasi pesta olahraga nasional, agar pelaksanaan berikutnya berjalan dengan baik. 

Digelarnya PON di dua daerah sekaligus ini memang menjadi pengalaman baru bagi panitia pelaksana nantinya. Oleh karenanya, KONI Pusat diminta harus mempersiapkan diri untuk pelaksanaan event tersebut. 

“Saya kira peran KONI pusat dan daerah harus besar karena menyatukan dua provinsi, ini tentu tidak mudah. Membantu pelaksanaan satu provinsi saja tidak mudah,” ujar Menpora Amali.

“Tapi saya meyakini dengan bimbingan KONI Pusat semua bisa terselenggara dengan baik. Ini kesempatan yang baik untuk melakukan evaluasi dan persiapan kedepannya,” sambung Menpora Amali.

Menurut Menpora Amali, pelaksanaan PON Papua bisa berjalan dengan baik dan lancar karena sinergi yang baik dari pemerintah pusat dengan daerah serta stakeholder terkait. 

“PON Papua berjalan dengan sukses karena peran kita semua yang telah berkoordinasi dengan baik. Penyelenggaraan PON Papua juga mendapatkan nilai baik dari Bapak Presiden Joko Widodo. Semoga PON yang akan datang nantinya bisa berjalan lebih baik lagi,” tambah Menpora Amali. 

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah telah memiliki Desain Besar Olahraga Nasional atau yang populer dengan sebutan DBON. 

Presiden Joko Widodo juga telah menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021. Perpres ini ditandatangani Presiden Joko Widodo tepat pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 Tahun 2021 pada tanggal 9 September 2021.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan terima kasih kepada Menpora Amali yang telah memberi dukungan secara totalitas terhadap dunia olahraga Tanah Air. 

“Terima kasih kepada Bapak Menpora, yang akhirnya pelaksanaan PON Papua bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Semoga PON Sumut-Aceh nantinya bisa berjalan dengan lancar dan lebih baik lagi,” sebutnya. 

Marciano juga menyampaikan dukungannya terhadap DBON. Dia bersama KONI daerah di Tanah Air sepakat untuk mendukung agar DBON bisa terwujud untuk mencetak juara. 

“Oleh kareanya kita berusaha agar bagaimana DBON ini bisa terwujud. Bapak Menpora tidak usah ragu, kami akan memberikan dukungan optmial,” pungkas Marciano.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN