Menpora Amali Ingin PKPMN Siap Hadapi Tantangan Bonus Demografi

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka secara resmi kegiatan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan II Tahun 2021 secara virtual dari Kemenpora, Jakarta, Rabu (8/12).

Menpora Amali Ingin PKPMN Siap Hadapi Tantangan Bonus Demografi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka secara resmi kegiatan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan II Tahun 2021 secara virtual dari Kemenpora, Jakarta, Rabu (8/12).(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka secara resmi kegiatan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan II Tahun 2021 secara virtual dari Kemenpora, Jakarta, Rabu (8/12). 

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali mengingatkan tantangan pemuda ke depan yang dihadapi. Kemudian juga menghadapi bonus demografi. 

“Tentangan ke depan kita bukan semakin kecil, tetapi makin besar dan berat. Kita harap pemuda kita dalam keadaan siap dan kita juga akan menghadapi bonus demografi,” kata Menpora Amali. 

Menurut Menpora Amali, bonus demografi harus dikelola dengan baik. Pemuda diharap lebih kreatif, inovatif, mandiri, berdaya saing dan memiliki jiwa kewirausahaan. 

“Bonus demografi isinya adalah kaum muda. Kaum muda yang punya tugas dalam kepeloporan, dalam perjuangan, dalam kepemimpinan, itu harus mendapatkan bekal yang memadai dan bekal yang sesuai dengan karakteristik budaya dan bangsa kita,” ujar Menpora Amali.

Dengan mempersiapkan hal baik tersebut, diharap kaum muda akan menjadi pemimpin yang sudah siap di masa yang akan datang. “Kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini, manfaatkan dengan baik, jangan sia-sia kan,” jelas Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali menerangkan kegiatan ini sejalan dengan program prioritas Kemenpora Tahun 2020-2024 yaitu pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. 

“Kemudian penguatan ideologi pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda. Semoga kegiatan ini berjala dengan kancar dan bisa diikuti dengan baik oleh peserta,” terang Menpora Amali.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini yang telah mengaitkan dengan target-target di Kemenpora. Kita ingin generasi kita ke depan semakin baik. Ini merupakan kesempatan yang baik di dapat peserta dari pemateri dan narasumber yang berkompeten,” tambah Menpora Amali.

Sementara itu, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh menyampaikan peserta yang mengikuti kegiatan PKPMN ini berjumlah 50 orang. Sedangkan yang ikut mendaftar mencapai 8 ribu lebih. 

“Rekan-rekan yang terpilih ini sudah melewati proses seleksi yang super ketat. Ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk menyiapkan sosok pemimpin muda yang hebat, yang mampu membangun komunikasi lintas sektor. Dengan pelatihan ini diharap ada saling pengertian dan pemahaman antara satu dengan yang lainnya serta adanya penguatan wawasan kebangsaan,” pungkas Asrorun. (jef)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN