Hadiri Rakernas ke-12 Hikmahbudhi, Menpora Amali Ingatkan Tantangan yang Dihadapi Pemuda Kedepan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-12 Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia disingkat (Hikmahbudhi) secara virtual, Sabtu (30/10) pagi.

Hadiri Rakernas ke-12 Hikmahbudhi, Menpora Amali Ingatkan Tantangan yang Dihadapi Pemuda Kedepan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-12 Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia disingkat (Hikmahbudhi) secara virtual, Sabtu (30/10) pagi.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-12 Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia disingkat (Hikmahbudhi) secara virtual, Sabtu (30/10) pagi.

Dalam sambutannya pada kesempatan ini, Menpora Amali menyampaikan sejumlah harapannya terhadap pelaksanaan Rakernas ke-12 Hikmahbudhi yang digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, diantaranya yakni berharap peran aktif Hikmahbudhi terhadap pembangunan bangsa.

“Pemerintah sangat berharap terhadap peran aktifnya, para pimpinan pengurus maupun para anggota Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia dimana pun anda berada. Dengan peran aktif oleh teman-teman yang berhimpun di dalam Hikmahbudhi itu berarti penting untuk berbagai hal yang menjadi kontribusi pembangunan bangsa ini,” ujar Menpora Amali.

Terlebih, saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi COVID-19, maka untuk mengatasi masalah ini harus dilakukan dengan gotong royong antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, TNI-POLRI dan masyarakat termasuk organisasi Hikmahbudhi.

“Saya berharap dalam Rakernas ke-12 ini, selain membahas masalah-masalah internal organisasi juga harapan saya ada kontribusi pemikiran terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh bangsa ini khususnya pandemi yang sedang kita hadapi,” harapnya.

Disamping itu, Menpora Amali mengingatkan bahwa kedepan, tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia semakin berat khususnya buat para pemuda, diantaranya tantangan lapangan pekerjaan yang makin sempit tersedia sementara angkatan kerja setiap tahun makin bertambah.

Disisi yang lain, Indonesia akan berhadapan dengan bonus demografi dimana usia produktif lebih banyak dan yang akan masuk ke fase tersebut adalah para pemuda.

Dengan demikian, Menpora Amali berharap dalam Rakernas ke-12 ini, Hikmahbudhi turut membahas terkait anatispiasi terhadap tantangan kedepan, disamping tentu membicarakan hal-hal yang secara internal organisasi, soal konsolidasi, soal kaderisasi yang rutin dibicarakan.

“Saya mau titip bahwa tolong juga didiskusikan, dibahas, dibicarakan hal-hal ke depan pandangan-pandangan teman-teman sekalian kedepan ini seperti apa dan itu sangat dibutuhkan pemerintah sebagai dasar pengambilan keputusan, dalam pembuatan kebijakan pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah yang tentu akan kembali lagi ke masyarakat hasilnya,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, Rakernas ini akan punya makna yang lebih dan tidak sekadar berkumpulnya para kader dan seluruh Indonesia serta tidak sekedar membahas urusan-urusan internal organisasi.

“Tetapi ada produk-produk dari rakernas yang menjadi rekomendasi kepada berbagai pihak khususnya kepada pemerintah. Saya berharap dan saya menunggu itu, nanti silakan sampaikan pada kami mudah-mudahan itu akan bermanfaat menjadi dasar pembuatan kebijakan-kebijakan khususnya di bidang kepemudaan dan mahasiswa. Dan pada umumnya adalah kebijakan secara keseluruhan bagaimana pemerintah menjalankan berbagai upaya untuk menangani pandemi covid 19, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengatasi masalah sosial di tengah masyarakat,” harapnya.

Tidak lupa, Menpora Amali turut mengucapkan Hari Sumpah Pemuda kepada peserta Rakernas ke-12.“Karena ini masih bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Saya ingin mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke 93. Selamat ber-Rakernas semoga sukses dan hasilnya bermnfaat buat kita semua,” tutupnya.(ded)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN