3 Poin Penting yang Disampaikan Wapres Ma’ruf Amin saat Penutupan PON XX Papua

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin menyampaikan tiga poin penting dalam upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Catatan penting dalam penyelenggaraan ajang olahraga terbesar dalam skala nasional itu disebut tidak mudah dilaksanakan, sebab event dilakukan ditengah pandemi Covid-19.

3 Poin Penting yang Disampaikan Wapres Ma’ruf Amin saat Penutupan PON XX Papua Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin menyampaikan tiga poin penting dalam upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Catatan penting dalam penyelenggaraan ajang olahraga terbesar dalam skala nasional itu disebut tidak mudah dilaksanakan, sebab event dilakukan ditengah pandemi Covid-19. (foto:jerry/setwapres)

Jayapura: Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin menyampaikan tiga poin penting dalam upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Catatan penting dalam penyelenggaraan ajang olahraga terbesar dalam skala nasional itu disebut tidak mudah dilaksanakan, sebab event dilakukan ditengah pandemi Covid-19. 

“Ada beberapa catatan penting yang membuat penyelenggaraan PON Papua ini tidak mudah dilakukan,” kata Wapres saat menutup PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Jumat (15/10). 

Pertama, kata Wapres, PON memerlukan pembangunan infrastruktur olahraga secara masif. Venue dibangun dengan standar dan kualitas yang bertaraf internasional. 

Kedua, lokasi penyelenggaraan atau arena pertandingan merupakan terjauh yang pernah ada dalam pelaksanaan PON selama ini, yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. 

“Ketiga, PON Papua diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid-19. Ini menuntut kita untuk kerja lebih ekstra dengan menerapkan protokol kesehatan. Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang diselenggarakan,” ujar Menpora Amali.

Kendati demikian, Wapres mengapresiasi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Papua yang berhasil melaksanakan rangkaian acara PON. Disebut Wapres pula, Papua mampu menyelenggarakan PON dengan sempurna. 

“Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa. Torang Bisa ini bukan hanya sekadar semboyan, tapi nyata dan terbukti. Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada masyarakat Papua,” jelas Wapres.

Acara penutupan PON Papua ini berlangsung meriah dan ditutup dengan penampilan artis. Selanjutnya, PON akan diselenggarakan pada 2024. Aceh dan Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah pesta olahraga itu.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN