Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Diberitahukan bahwa saat ini Call Center Kemenpora (1500 928) sudah aktif kembali.

Upacara Bhineka Tunggal Ika Awali Kegiatan Perkempinas 2012

Senin, 19 November 2012 13:43:57

Jambi : Sejumlah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri (16-25) menggunakan pakaian adat daerahnya masing-masing berbaris di lapangan Utama Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Jambi untuk mengikuti upacara adat khas Gerakan Pramuka yakni Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika sebagai prosesi dibukanya kegiatan tingkat nasional ini. Wakil peserta yang mengenakan pakaian adat itu menggambarkan keberagaman adat dan budaya Indonesia yang berada dalam bingkai kepramukaan. 

Melalui simbol “Kapak Bhineka Tunggal Ika” yang ditancapkan pada batang kayu, maka ikrar peserta Perkempinas 2012 menjaga nama baik anggota Gerakan Pramuka yang tertulis dalam “Sandi Ambalan Bhineka Tunggal Ika” Wakil Gubernur Jambi selaku Waka Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kwarda Jambi, Kak Fachronbi Umar hadir selaku Pembina upacara. 

Pada kegiatan yang disebut kak Fachrori menyebut kegiatan Perkempians 2012 ini sebagai ajang tolok ukur peran serta Pramuka Puteri bagi masyarakat. Pada sambutannya, Kak Fahrori menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini sebagai tolok ukur peranan Pramuka puteri sebagai generasi penerus pembangunan dan pengemban keharmonisan kehidupan berbangsa oleh sebab itu kegiatan peningkatan keterampilan keputerian dan pengembangan wawasan keputerian harus dikemas dan diformulasikan sehingga menyentuh dan menjawab kebutuhan Pramuka putri Indonesia di era globalisasi,” Usai upacara adat yang dimeriahkan dengan atraksi Para Motor, sebagian peserta mulai bergerak menuju subcamp pada siang hingga sore. Lokasi kegiatan yang berada di luar Buper Sungai Gelam, Jambi. 

Lokasi kegiatan tersebar di tujuh lokasi yaitu di Lubuk Beringin (Kwarcab Bungo), Candi Muaro Jambi (Kwarcab Muaro Jambi), Hutan Raya Bukit Sari (Kwarcab Tebo), Sepucuk Nipah Serumpun Nibung (Kwarcab Tanjung Jabung Timur), Air Hitam Ulu (Kwarcab Sarolangun), Tali Undang Tambang Teliti (Kwarcab Merangin), dan Subcamp Alam Budayo Kincai (Kwarcab Kerinci) Jambi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang kebudayaan Prof. Dr. Windu Nurhayari, M.Arts, Ph.D dijadwalkan membuka secara resmi kegiatan Perkempians 2012 pada Minggu (18/11) siang.

Tema yang diangkat pada kegiatan tingkat nasional khusus Pramuka Penegak dan pandega Puteri ini adalah “Cerdas Berkarya Menuju Pramuka Putri yang Mandiri” kegiatan Perkempinas 2012 akan berlangsung sejak 17-23 November 2012 di Bumi Perkemahan Pramuka Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Sebagian peserta mengikuti berbagai kegiatan yang berlangsung di dalam Buper. 

Selama perkempinas 2012 adalah 11 mata Kegiatan Pengembangan Wawasan, 11 mata Kegiatan Pengembangan Keterampilan, enam mata kegiatan Pendidikan dan Seni Budaya, tiga mata kegiatan Bakti, lima mata kegiatan Global Development Village, termasuk tujuh subcamp kegiatan di seputaran Provinsi Jambi. (humaskwarnas)

Bookmark and Share
Nopember 2012
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30