Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pembangunan Ekonomi Kreatif Memberi Banyak Peluang Baru bagi Pemuda

Selasa, 13 Desember 2016 11:00:00

Jakarta: Seluruh humas Kementerian dan Lembaga terus melakukan sinergi dalam mengembangkan kehumasan. Salah satunya yang dilakukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang hari Selasa (13/12) pagi menggelar acara Forum Tematik Bakohumas di Hotel Arya Duta, Jakarta. Pada acara itu BeKraf yang merupakan anggota ke-153 sekaligus sebagai anggota termuda tergabung dalam forum Bakohumas memaparkan banyak hal mengenai posisi BeKraf sebagai lembaga negara baru beserta dengan program prioritasnya.
 
Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kemkominfo, Rosarita Niken Widiastuti selaku Ketua Umum Bakohumas mengatakan, pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia melebihi pertumbuhan ekonomi nasional, di mana ekonomi kreatif menyumbang 7% dari PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia, menempatkan ekonomi kreatif sebagai salah satu tulang punggung negara. "Dan salah satu cabang ekonomi kreatif yang menjadi fokus pemerintah adalah e commerce yang kini mendapat insentif dari pemerintah mulai dari pemberian keringanan pajak, pelatihan sumber daya manusia di bidang e commerce hingga pelindungan terhadap konsumen yang terimplementasi dari paket kebijakan ekonomi ke-14," katanya.  
 
Sementara  Wakil Kepala BeKraf Ricky Joseph Pesik menambahkan bahwa atmosfer pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang bagus didukung oleh kenyataan bahwa pertumbuhan kelas menengah di Indonesia tertinggi dibandingkan dengan negara lain serta bonus demografi yang bagus di mana angka penduduk muda yang produktif  ini menempati jumlah yang signifikan.
 
"Ada 16 subsektor yang mnjadi perhatian Badan Ekonomi Kreatif saat ini di antaranya: Aplikasi dan games, arsitekur, desain Interior, desain komunikasi visual, desain produk, fesyen, film, animasi video, fotografi, kriya, kuliner, music, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televise, dan radio. Di antara 16 subsektor ini ada 3 prioritas subsector, yakni, film, aplikasi, music, dan baru 3 subsektor yang berkembang, yakni kriya, kuliner, dan fashion. Dalam survey sector ekonimi reatif bersama BPR pun nampak terlihat terjadi perubahan yang sginifikan dalam landscape ekonomi nasional di mana di tahun 2015 jumlah pekerja sector ekonomi kreatif meleibihi dari 15 juta orang," katanya.
 
Beberapa program unggulan BeKraf di antarany adalah: ICINC (Indonesia Creative Incorporated), BeKup (BeKraf for Pre Start Up), ICCN (Indonesian Creative City Network), Biima (aplikasi informasi Hak Kekayaan Intelektual), Coding Mum ([elatihan keterampilan IT untuk ibu rumah tangga), DeKraf (Dana Ekonomi Kreatif), IKKON (Inovatif Kreatif Kolaborasi Nusantara) yang bisa menjadi target untuk para pelaku industri kreatif utamanya anak muda yang memang menjadi sasaran strategis BeKraf. 
 
Pada acara tersebut ada enam pembicara yang berasal dari enam kedeputian yang ada di Bekraf hadir dalam forum berformat diskusi panel tersebut. Para peserta yang hadir sejumlah 60 peserta undangan dari berbagai humas kementerian dan lembaga. (wes)
Bookmark and Share
Juli 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31