Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kemenpora Dukung rencana Merauke yang Akan Menggelar Kejuaraan Sepeda Bertaraf Nasional

Minggu, 14 Mei 2017 10:00:00

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung langkah Bupati Kabupaten Merauke Papua, Frederikus Gebze yang akan menggelar kejuaraan balap sepeda bertaraf nasional dan internasional sebagai salah satu ajang memasalkan olahraga dan promosi bagi kabupaten terluar di Indonesia Bagian Timur itu.(dok/kemenpora.go.id)

Merauke: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung langkah Bupati Kabupaten Merauke Papua, Frederikus Gebze yang akan menggelar kejuaraan balap sepeda bertaraf nasional dan internasional sebagai salah satu ajang  memasalkan olahraga dan promosi bagi kabupaten terluar di Indonesia Bagian Timur itu.
 
Plt Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Profesor Faisal Abdullah mengatakan program nasional ‘Ayo Olahraga’ yang diluncurkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah untuk memasalkan dan menggalakkan olahraga ke masyarakat dengan harapan rakyat Indonesia yang lebih sehat. “Tentu kita dukung keinginan Bupati untuk menggelar ajang balap sepeda sebagai sarana untuk membudayakan olahraga. Ini salah satu bentuk dukungan Kemenpora untuk memasalkan olahraga dan mensukseskan program nasional Ayo Olahraga,” ujar Faisal disela-sela Gowes Pesona Nusantara yang berlangsung di Lapangan Mandala Distrik Merauke, Provinsi Papua, Sabtu, (13/5) pagi.
 
Faisal menjelaskan selain Merauke, program Gowes Nusantara juga dilakukan secara serentak di kota/kabupaten titik terluar Indonesia lainnya yakni Kabupaten Sabang provinsi Aceh, Kabupaten Atambua Nusa Tenggara Timur, dan Kabupaten Tarakan Kalimantan Utara. “Ada 90 Kabupaten/kota di 34 Provinsi akan dilewati oleh peserta Gowes Nusantara. Kami berharap nantinya akan ada wakil dari Merauke pada garis akhir yang bertepatan dengan puncak Hari Olahraga Nasional di Magelang Jawa Tengah,” kata Faisal.
 
Bupati Merauke Frederikus Gebze yang akrab disapa dengan Freddy menjelaskan niatnya untuk menggelar ajang balap sepeda dengan latar belakang kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Papua New Guini atau titik nol terluar di Indonesia Timur menawarkan berbagai pesona alam dan siap menyambut kehadiran para tamu dari luar. Sota adalah sebuah distrik Kabupaten Merauke sebagai garis terdepan NKRI yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. “Bulan Agustus mendatang kita akan gelar Tour de Merauke atau Tour de Sota. Ini sebagai salah satu cara kami untuk mempromosikan Kabupaten Merauke,” jelas Freddy.
 
Gayung pun bersambut, Suryo Agung Wibowo, atlet atletik yang pernah mendapat gelar sebagai manusia tercepat se-Asia Tenggara setelah mampu memecahkan rekor lari 100 m putra SEA Games sebanyak dua kali dan ikut dalam rombongan Kemenpora pada program GPN 2017 segera menghubungi manajer timnas balap sepeda. Hasilnya langsung mendapat reaksi positif. “Pak Bupati. Barusan saya menghubungi manajer timnas balap sepeda dan beliau menyambut baik ide bapak. Tinggal dikoordinasikan saja nantinya,” beber Suryo.
 
Pada kesempatan itu, Suryo juga memberikan motivasi kepada masyarakat Merauke peserta GPN 2017. Suryo yang kini beralih menjadi pesepakbola profesional itu menyebut beberapa talenta yang telah mengharumkan nama provinsi Papua dan Merauke adalah peraih medali perak olimpiade Raema Lisa Rumbewas dari cabang angkat besi, dicabang sepak bola talenta Papua sangat mendominasi persepakbolaan nasional sebut saja, Boaz Salossa, Titus Bonai dan lainnya. “Merauke dan Papua ini gudangnya altet. Saya akan mencari calon atlet berbakat bekerjasama dengan Dispora,” katanya.
 
Gowes Pesona Nusantara (GNP) 2017 di Kabupaten Merauke, Papua pada Sabtu (13/5/2017) pagi berlangsung meriah, meski diwarnai rintik hujan namun hal itu tak menyurutkan semangat peserta untuk tetap mengayuhkan sepeda. Program GNP dibawah payung ‘Ayo Olahraga’ adalah sarana Kemenpora untuk membudayakan olahrga.Kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai komunitas lainnya diantaranya komunitas sepatu roda, klub skete board dan komunitas lainnya dan juga komunitas ibu-ibu yang turut serta memenuhi lapangan untuk melakukan senam masal. (sumber:kanalnews.com)
Bookmark and Share
Juni 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30