Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Diberitahukan bahwa saat ini Call Center Kemenpora (1500 928) sudah aktif kembali.

Siaran Pers No. 33/Kemenpora/X/2017: Up Date Kegiatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2017

Jumat, 27 Oktober 2017

 

 

(Jakarta, 27 Oktober 2017). Sebagai bagian dari kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2017, maka Kemenpora sejak awal bulan Oktober 2017 telah mengadakan sejumlah kegiatan di berbagai daerah dan akan terus berlangsung hingga akhir bulan Oktober 2017 dan mungkin beberapa waktu kemudian. Khusus untuk kegiatan dua hari ini, Kemenpora menyampaikan up date nya sebagai berikut:

 

  1. Pada tanggal 25 Oktober 2017 telah berlangsung rapat persiapan pelaksanaan acara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2017  yang akan diadakan di Istana Kepresidenan di Bogor. Rapat dipimpin langsung oleh Heru Budi Hartono (Kepala Sekretariat Presiden) dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari beberapa instansi, yang di antaranya memutuskan: a. Acara akan berlangsung pada jam 09.00 WIB tanggal 28 Oktober 2017 di halaman Istana Kepresidenan di Bogor. Namun demikian, secara live baru disiapkan oleh sejumlah stasion televisi berjaringan nasional pada jam 10.00 WIB di bawah koordinasi NETTV sebagai TV-Poll nya; b. Presiden Joko Widodo tidak akan didampingi oleh Menteri-Menteri lain kecuali Menpora, Mensesneg, Mensekab  dan Kepala BEKRAF (menurut informasi: Menko Bidang PMK berada di Merauke pada tanggal tersebut); c. Tema / Tag Line yang diviralkan sejak tanggal 25 Oktober 2017: “Kita Tidak Sama, Kita Kerja Bersama.” Sedangkan Tema / Tag Line Kemenpora tetap tidak berubah: “Pemuda Indonesia Berani Bersatu” dengan Hastag #BeraniBersatu; d. Peserta yang akan diundang di Istana Kepresidenan di Bogor antara lain adalah Pemuda-Pemudi Generasi Milenia sebanyak sekitar 1.000 orang dalam suasana yang santai, yang terdiri dari: Komunitas remaja, Taruna/i AKMIL dan AKPOL, Santripreneur, Atlet Sea Games dan Asean Para Games, Paskibraka, Pramuka, Olimpian (Presiden Joko Widodo akan melakukan pertandingan eksibisi bulutangkis).

 

  1. Pada tanggal 26 Oktober 2017 telah berlangsung rapat persiapan pelaksanaan acara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2017  yang akan diadakan di halaman Kemenpora yang dipimpin oleh Sesmenpora dengan didampingi Deputi 1. Rapat di antaranya memutuskan: a. Kemenpora sepenuhnya berkomitmen membantu suksesnya penyelenggaraan acara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2017  yang akan diadakan di Istana Kepresidenan di Bogor, dengan pembagian tugas: (1). Deputi 2 akan memobilisasi keikut-sertaan Pramuka dan Paskibraka; (2). Deputi 4 akan memobilisasi keikut-sertaan perwakilan atlet Sea Games dan Asean Para Games (lengkap dengan pakaian training dan medali yang telah diperoleh) serta perwakilan Olimpiana; b. Pada acara di Kemenpora diawali dengan laporan kegiatan oleh Deputi 1 dan kemudian  Menteri diharapkan akan: (1). berdialog dengan Pemuda Difable, Pemuda Berprestasi dan Perwakilan OKP; (1). memberikan penghargaan pada Pemuda Berprestasi; (3). mengumumkan Hasil Seleksi Pemuda Inspiratif melalui Media Sosial.

 

  1. Setelah itu, Deputi 1 dan Deputi 2 telah mempersiapkan pelaksanaan video conference yang bekerjasama dengan PT Telkom (berlangsung pada jam 13.30 sd 15.00 tanggal 27 Oktober 2017), yang memungkinkan Menteri untuk berinteraksi dengan sejumlah titik mitra video conference, yaitu: a. Pemuda Anti Narkoba di Tangerang: dialog dengan pemuda anti narkoba dan pemuda yang menjadi narapidana penyalahgunaan narkoba di Lapas Tangerang; b. Pemuda Peserta Kirab Pemuda Zone 1 di Padang Panjang: Peserta Kirab Pemuda Zone 1 yang berkumpul bersama masyarakat dan komunitas dengan melakukan pelatihan, pawai dan pagelaran budaya; c. Pemuda Peserta Kirab Pemuda Zone 2 di Ternate: Peserta Kirab Pemuda Zone 2 yang berkumpul bersama masyarakat dan komunitas dengan melakukan pelatihan, pawai dan pagelaran budaya; d.  Pemuda Mandiri Membangun Desa di Mojokerto: kegiatan Pemuda Mandiri Membangun Desa ini adalah didorong untik melakukan kegiatan olahraga, rekrutmen relawan, pelatihan kapasitas pemuda dan kepemimpinan serta kepeloporan, dan juga mendorong partisipasi pembangunan berbasis kearifan local; e.  Pemuda Tani di Bulukumba: kegiatan Pemuda Tani ini adalah didorong untuk mengikuti pelatihan keahlian di antaranya tentang pupuk organic; f.  Pemuda Kota Layak Pemuda di Padang: Para pemuda ini mengikuti penganugrahan Kota Layak Pemuda serta Seminar Kepemudaan dan juga Pameran Kepemudaan; g.  Pemuda Manufaktur di Yogyakarta: Para pemuda ini akan memberikan testimoni setelah mengikuti program pelatihan manufaktur; h.  Pemuda Lintas Agama di Merauke: Para pemuda ini mengikuti temu kebangsaan pemuda lintas agama, dan diakhiri dengan Deklarasi Damai Pemuda yang menurut rencananya akan dihadiri oleh Ibu Menko Bidang Bidang PMK di Merauke; i.  Pemuda Magang Luar Negeri di Ankara (Turki): Sejumlah pemuda akan menceriterakan pengalamannya selama magang di Turki.

 

-------

Sekretaris Kemenpora (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504, email: gsdewabroto@gmail.com; twitter: @gsdewabroto).

Nopember 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30