Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Siaan Pers No. 15/Kemenpora/4/2017: Seleksi Lowongan Jabatan Eselon I dan II Kemenpora serta Tantangan Yang Akan Dihadapi

Senin, 24 April 2017

(Jakarta, 24 April 2017).  Pada tanggal 13 April 2017 Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (Madya dan Pratama) di lingkungan Kemenpora telah mempublikasikan pengumuman Seleksi untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga) dan kemudian pada tanggal 19 Aprll 2017 disusul dengan pengumuman Seleksi untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga, Inspektur, Sekretaris Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga dan Asisten Deputi Bidang Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga). Meskipun Panitia Seleksi sudah mengumumkan secara terbuka Seleksi tersebut (yang lebih dikenal dengan Open Biding) melalui website Kemenpora dan juga mengirimkannya secara terbuka juga kepada seluruh pimpinan Kementerian dan Lembaga Non Kementerian, namun demikian Kemenpora melalui Panitia Seleksi memandang perlu untuk sekali lagi mengingatkannya kepada pihak-pihak terkait dengan Seleksi tersebut, mengingat waktu yang tersisa untuk menyampaikan dokumen Seleksi sudah semakin terbatas, yaitu paling lambat tanggal 9 Mei 2017 untuk  Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga) dan tanggal 12 Mei 2017 untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga, Inspektur, Sekretaris Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga dan Asisten Deputi Bidang Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga).

 

Seleksi ini dijamin berlangsung secara terbuka, transparan dan obyektif tanpa ada intervensi dari pihak manapun, karena pengalaman dari Seleksi serupa pada Jabatan Eselon I dan II pada akhir tahun 2015 dan kemudian Eselon I pada akhir tahun 2016 Menpora Imam Nahrawi menyerahkan sepenunnya kewenangan dan penilaian Seleksi secara obyektif dan transparan pada Panitia Seleksi. Dalam jadwal Seleksi untuk Eselon I, setelah dilakukan Seleksi Administrasi pada tanggal 15 s/d. 16 Mei 2017 akan segera diumumkan hasilnya pada tanggal 18 s/d. 19 Mei 2017, selanjutnya akan dilakukan Asesmen pada tanggal 23 Mei 2017 dan akan diikuti dengan Seleksi Terbuka dalam bentuk pemaparan dan debat terbuka yang dapat disaksikan oleh berbagai kalangan masyarakat termasuk media massa pada tanggal 24 Mei 2017 dan kemudian wawancara secara tertutup pada tanggal 25 Mei 2017. Adapun pengumuman hasil Seleksi dapat diketahui pada sekitar akhir bulan Mei 2017, dan berikutnya akan disampaikan permohonan dari Menpora kepada Presiden RI untuk sidang TPA.  Sedangkan untuk Seleksi Eselon II, setelah dilakukan Seleksi Administrasi pada tanggal 16 s/d. 17 Mei 2017 akan segera diumumkan hasilnya pada tanggal 19 Mei 2017, selanjutnya akan dilakukan Asesmen pada tanggal 29 Mei 2017, dan juga akan diikuti dengan Seleksi Terbuka dalam bentuk pemaparan dan debat terbuka yang dapat disaksikan oleh berbagai kalangan masyarakat termasuk media massa pada tanggal 30 Mei 2017 dan kemudian wawancara secara tertutup pada tanggal 31 Mei 2017. Adapun pengumuman hasil Seleksi dapat diketahui pada sekitar minggu kedua bulan Juni 2017

 

Seleksi untuk Eselon I ini menjadi lebih menarik karena terbuka juga untuk mereka yang berasal dari kalangan Non PNS, dengan syarat di antaranya:

1.       Berstatus WNI.

2.       Berusia setinggi-tingginya 58 tahun pada tanggal 31 Mei 2017.

3.       Minimal dari S1  dan diutamakan S2 atau S3 dari Perguruan Tinggi Negeri / Swasta yang bidang studinya terakreditasi.

4.       Diutamakan pernah memimpin institusi dan atau mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dari lembaga pendidikan dan pelatihan yang terakreditasi.

5.       Tidak pernah dan atau sedang dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

6.       Pernyataan tidak berkedudukan sebagai pengurus dan atau anggota Partai Politik dan tidak pernah memiliki afilitasi dengan Partai Politik.

7.       Tanda bukti penyerahan SPT tahun 2016.

8.       Sehat jasmani dan rohani serta bebas Narkoba dari RS Pemerintah.

 

Sedangkan untuk yang berasal dari PNS tentu saja lebih ketat persyaratann. Selain 8 poin persyaratan tersebut di atas, masih ada persyaratan lainnya, yaitu:

1.       Memiliki pangkat dan golongan ruang sekurang-kurangnya pangkat Pembina Utama Madya (IVc) dan menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  (Eselon II) dan atau Fungsinal Tertentu Jenjang Madya dengan golongan ruang IVc selama minimal 2 tahun.

2.       Diutamakan telah mengikuti Diklatpim I dan atau DIklatpim II dan atau Diklatpim lain terkait dengan kepemimpinan.

3.       Memiliki pengalaman kepemimpinan dan kompetensi jabatan yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.

4.       Semua unsur penilaian prestasi kerja SKP sekurang-kuragngnya bernilai baik dalam 2 tahun terakhir.

5.       Tanda bukti penyerahan LHKPN pada jabatan terakhir dari KPK.

6.       Telah mendapatkan persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian dari instansi terkait untuk mengikuti Seleksi.

 

Siapapun yang nantinya akan terpilih menjadi Deputi 4, diharapkan akan harus sesegera mungkin menghadapi sejumlah pekerjaan berat di antaranya keikut sertaan Indonesia dalam Sea Games tahun 2017 di Kuala Lumpur pada bulan Agustus 2017, bekerjasama dengan Satlak PRIMA dalam rangka persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 dari aspek prestasi olahraga, melanjutkan penyelesaian Grand Design Industri Olahraga, menyusun Grand Design Prestasi Olahraga, menyelesaikan regulasi penyelenggaraan PON (sehingga nantinya PON hanya menjadi ajang pesta olahraga untuk atlet pemula / bukan yang sudah malang melintang di event dunia dan Asia, jumlah cabang olahraganya in line dengan Olimpiade dan Asian Games),  menyusun pengaturan yang lebih jelas tentang mekanisme pemberian bantuan prasarana dan sarana olahraga baik untuk pusat maupun daerah, menyusun Grand Design program pembibitan nasional olahraga, memulai penyusunan revisi UU SKN, meningkatkan sinergitas dengan KONI, KOI dan seluruh induk cabang olahraga nasional dan internasional, dan lain sebagainya.

 

Bagi pejabat-pejabat baru Eselon II yang akan terpilih (Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga, Inspektur, Sekretaris Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga dan Asisten Deputi Bidang Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga), maka sejumlah tantangan berat juga sudah menghadang, seperti misalnya:

1.       Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga dituntut untuk membenahi pentata-usahaan atau tata kelola keuangan dan kerumah-tanggaan Kemenpora yang masih jauh dari harapan.

2.       Inspektur dituntut untuk kerja keras dalam menegakkan law enforcement agar kepatuhan seluruh jajaran Kemenpora terhadap konsistensi pelaksanaan sistem pengelolaan keuangan.

3.       Sekretaris Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga  juga tidak kalah beratnya, karena akan menjadi administrator yang reliable dalam pengelolaan administrasi di Deputi 4 sebagai Satker yang paling besar anggarannya di Kemenpora.

4.       Asisten Deputi Bidang Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga yang harus cermat, kreatif, responsif dan terukur dalam meregulasi dan melaksanakan penyediaan infrastruktur keolahragaan, mengingat setiap hari ada sekitar 50 proposal permohonan bantuan prasarana dan sarana olahraga yang dikirimkan ke Kemenpora, namun hanya sebagian sangat kecil yang bisa dibantu mengingat anggaran Kemenpora memang sangat terbatas.

 

---------------------------

 

Sekretaris Kemenpora (Gatot S Dewa Broto, HP: 0811898504, Email: gsdewabroto@gmail.com, Twitter: @gsdewabroto).

 

 

Juni 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30