Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kemenpora Siap Dukung Lahirnya Wirausaha Muda


Hari Kamis (28/5) sore, Menpora Imam Nahrawi membuka Penguatan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda, Kepanduan dan Tenaga Kepemudaan serta Penganugrahan 2015 JCI Indonesia Creative Young Enterpreneurs Awards di Art Center, Bali.(foto:bagus/kemenpora.go.id)
Bali: Hari Kamis (28/5) sore, Menpora Imam Nahrawi bersama Deputi II Bidang Pemberdayaan Pemuda Sakhyan Asmara, Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta membuka Penguatan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda, Kepanduan dan Tenaga Kepemudaan serta Penganugrahan 2015 JCI Indonesia Creative Young Enterpreneurs Awards di Art Center, Bali.  

Program tersebut merupakan pengakuan dan penghargaan kepada wirausaha muda yang telah memulai bisnis menggunakan kreativitas. Selain itu, telah meningkatkan bisnis yang sudah ada melalui pemecahan masalah secara inovatif, dan berpegang erat dengan prinsip-prinsip CSR.

‎Penghargaan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan jumlah wirausaha dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, ketahanan nasional, peningkatan daya saing wirausaha muda menghadapi MEA 2015. "Saya senang bisa berada di tengah-tengah acara ini yang mana pesertanya banyak wirausaha muda yang bisa memberikan inspirasi bagi kita semua," kata Menpora. 

"Di sini sudah hadir calon-calon pengusaha muda yang akan memberikan harapan besar terhadap bangsa kite ke depan. Di forum acara ini kita bisa berbagi pengalaman, pengetahuan untuk menjadi orang-orang yang akan membawa kemajuan bangsa ke depan.  Hari ini kita tidak cukup hanya punya cita-cita, harus mendapat dukungan dari pemerintah. Saya sepakat jika ke depan harus ada undang-undang yang menaungi pengusaha muda," tambah Menpora.

Deputi II Bidang Pemberdayaan Pemuda Sakhyan Asmara mengucapkan terima kasih kepada Menpora yang sudah hadir pada acara ini dan bisa memberikan motivasi serta inspirasi bagi kita. "Saya harap acara Penguatan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda, Kepanduan dan Tenaga Kepemudaan bisa terus melahirkan pengusaha-pengusaha muda di Indonesia," kata Sakhyan.
  
Menurut National President JCI Ida Bagus Agung Gunarthawa, penilaian berdasarkan berdasarkan kreativitas dalam proses produksi dan pemasaran, dampak ke pasar, bentuk kepemimpinan, tingkat inovasi bisnis, pengembangan produk. "Selain itu, imajinatif dalam pemecahan masalah saat menciptakan perubahan positif berbisnis, ekspansi lokal, pasar nasional dan internasional, pendekatan baru, teknologi dan investasi penelitian, serta tanggung jawab risiko," ujarnya.

Tiga orang pengusaha muda berhasil meraih predikat sebagai Junior Chamber Indonesia Creative Young Enterpreneur Award atau CYEA 2015.Ketiga orang pemenang yakni Gus Teja Sentosa dari Ubud Bali, bergerak di bidang industri musik, kemudia Maksun Syamsuddin (Bandung, Jabar) pemilik CV Patra Teguh Abadi bergerak di usaha kendaraan listrik merek Patrev, dan Marizna pemilik CV Zoehada Pangan Kreatif  bidang makanan oleh-oleh merek Bakpiapia Djoogja.

Ketiganya menyisihkan 7 finalis dan ribuan pengusaha muda usia 18-40 tahun dari seluruh Indonesia yang dis‎eleksi oleh Junior Chamber Indonesia (JCI).‎ ‎Penyerahan penghargaan bagi ketiganya diberikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Wagub Bali Ketut Sudikerta di Gedung Kesenian Ksirarnawa, Denpasar.

Hadir juga pada acara tersebut Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia dan President Junior Chamber Indonesia (JCI)  Ida Bagus Agung Gunarthawa dan Anggota Komisi X DPRI RI Anang Hermansyah membuka Penguatan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda, Kepanduan dan Tenaga Kepemudaan. (amr)