Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pelatihan Pengelolaan Gelanggang Remaja


Jakarta: Kemenpora melalui PP-PON (Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional) hari Kamis 28/11 menggelar Pelatihan Pengelola Gelanggang Remaja atau Youth Center yang diikuti sekitar 100 orang perwakilan dari sembilan daerah di Tanah Air di Komplek PP PON, Cibubur, Jakarta.

Menurut Kepala PP PON Kemenpora Yuni Poerwanti, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman dalam pengelolaan gelanggang remaja (youth center) dari para pakar yang membidangi. "Selain itu, kegiatan ini juga sangat penting untuk menyamakan pola pikir dan cara kerja dalam mengelola gelanggang remaja," kata Yuni saat acara pembukaan pelatihan yang dihadiri oleh Staf Khusus Menpora Heru Nugroho.

Kesembilan daerah yang mengirimkan wakil mereka tersebut adalah NTB, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Utara dan tuan rumah DKI Jakarta. "Pelatihan ini digelar ditengah keprihatinan akibat maraknya fasilitas umum untuk aktualisasi diri pada pemuda yang telah berubah fungsi menjadi gedung-gebung yang lebih berorientasi bisnis. Peran dan fungsi gelanggang remaja dalam pembangunan bidang kepemudaan sangat strategis  karena merupakan wadah untuk menyalurkan bakat, minat dan kreativitas para pemuda, tidak hanya dibidang olahraga, tapi juga seni budaya dan informasi teknologi," tambah Yuni

Materi pelatihan yang diberikan diantaranya adalah pengelolaan gelanggang remaja, masalah pemasaran dan pengelolaan yang berbasis teknologi informasi. Pelatihan Pengelolaan Gelanggang Remaja tersebut merupakan salah satu dari beberapa kegiatan yang digelar PP PON Cibubur tersebut sepanjang November 2013. Program lainnya adalah Diklat Perberdayaan Pemuda Melaui Pelatihan Musik Keramik (15-18 Nov) dan Pelatihan Fotografi Pemuda (20-23 Nov). (amr)