Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Diperlukan Lebih Banyak Lagi Wirausahawan Muda Andal

Rabu, 31 Oktober 2012 10:23:17

Menpora Andi Mallarangen menjadi keynote speaker dalam acara Seminar Kewirausahaan Muda Mahasiswa LP3I, hari Rabu (31/10) pagi di Aula Kemenpora. (foto: bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Rabu (31/10) pagi di Aula Kemenpora, Menpora  Andi Mallarangen menjadi keynote speaker dalam acara Seminar Kewirausahaan Muda Mahasiswa LP3I (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia) bertajuk Menjadi Entrepreneur Sejak Muda. Menpora mengemukakan bagaimana tantangan untuk mencetak lulusan wirausaha baru, khusus wirausaha muda. 

Di Indonesia, jumlah wirausaha hanya 2 persen dari jumlah penduduk Indonesia. karena itu sangat diperlukan wirausaha yang handal, kreatif mampu menjadi tonggak untuk ke depan. Apalagi tahun 2015 adalah masa Komunitas ASEAN. Di mana integrasi ASEAN sama dengan masyarakat Eropa. "Masyarakat semakin bebas. Orang Indonesia bisa bekerja di negara lain di ASEAN, begitupun sebaliknya orang ASEAN bisa bekerja di Indonesia termasuk pengusaha ASEAN bisa membuka usaha di Indonesia," kata Andi. 

Karena itu, Indonesia harus mampu menguasai sektor ekonomi yang terkuat dan dominan di negaranya sendiri, dan jangan hanya cukup menjadi tuan rumah sendiri tetapi kita harus mampu dan berjaya di negaranya sendiri  dan di negara orang lain. Menpora menyontohkan kesempatan membuka buka warung padang di negara orang. Dia optimis usaha itu akan laku dan membawa nilai positif bagi wirausaha muda. 

Dia juga mengapresiasi LP3I karena mengembangkan minat usaha orang muda dan mampu, mempunyai skill, hobi pun bisa menjadi usaha. Di samping itu, Kemenpora bertugas memberikan dukungan berbentuk pelatihan. Saat ini, kata Menpora yang didampingi Deputi Pengembangan Pemuda Zubakhrum Tjenreng, Kemenpora sedang menggodok lembaga pemuda yang memberi akses permodalan untuk membantu memulai usaha.  

Sebelumnya, Direktur Eksternal Relation LP3I  Sudrajat Rasyid mengatakan bahwa LP3I konsisren membantu memecahkan masalah yang dihadapi pemerintah dan mempercepat penanggulangan pengangguran. 

Strategi yang dilakukan adalah semua lulusan LP3I yang tersebar diarahkan agar bisa kerja di sektor formal di dalam negeri dan luar negeri dan menyiapkan mereka jadi usaha. Dia juga melaporkan LP3I akan konsisten mencetak wirausaha muda baru siap bermitra di dalam negeri dan luar negeri. Dalam acara yang dihadiri ratusan mahasiswa LP3I itu, Direktur LP3I  Muhamad Syahrial Yusuf menyerahkan plakat kepada Menpora. (tut/rma



Bookmark and Share
Oktober 2012
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31