Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Malang Siapkan Pengamanan KSN


Menpora Andi Mallarangeng didampingi Agum Gumelar (Ketua Panitia KSN)dan Saifullah Yusuf (Wagub Jatim/Wakil Ketua Panitia)memimpin rapat pleno di kantor Kemenpora, hari Rabu (17/3) pagi. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Provinsi Jawa Timur, khususnya Kota Malang akan mempersiapkan pengamanan terbaik dalam penyelenggaraan Kongres Sepakbola Nasional 30-31 Maret mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang juga Wakil Ketua Panitia KSN dalam rapat pleno persiapan KSN di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Rabu (17/3) pagi.

"KSN perlu pengamanan ketat karena akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," ujarnya dalam rapat tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan kembali melakukan rapat koordinasi lanjutan di Kota Malang pada 19 Maret mendatang yang salah satu agendanya membahas persiapan pengamanan KSN. Dalam rapat mendatang akan diundang juga Kodam, Kapolda setempat dan instansi terkait yang berkaitan dengan pengamanan.

Ketua Panitia KSN Agum Gumelar mengatakan, akan ada dua macam pengamanan dalam penyelenggaraan KSN mendatang, pengamanan presiden dan pengamanan kongres. Ia meminta, untuk pengamanan kongres tidak dilakukan dengan mencolok.

"Ini bukan kongres partai, tapi kongres sepakbola dan yang ikut adalah orang-orang yang berjiwa sportif. Pengamanan memang perlu tapi diusahakan agar tidak terlalu mencolok,” ujar mantan Ketua Umum PSSI itu.

Sementara, kesiapan pengamanan juga dilakukan Kota Malang seperti yang disampaikan Walikota Malang Peni Suparto dalam rapat pleno persipan KSN. Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah antisipasi jika terjadi pergeseran waktu penyelenggaraan.

"Kami sudah persiapkan tempat cadangan di Gedung Balai PKK Malang kalau terjadi perubahan tanggal. Gedung itu cukup bagus dan dapat menampung hingga seribu lima ratus orang," jelasnya.(mal)