Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Sarasehan dan Pelantikan Ikatan Alumni FISIP USU


Para alumni pada acara Sarasehan dan Pelantikan Ikatan Alumni FISIP USU di Jakarta Media Center, hari Selasa (16/3) siang. (foto:istimewa/kemenpora.go.id)
Jakarta: Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Sakhyan Asmara, mengingatkan para alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU), agar mampu memanfaatkan peluang di berbagai sektor agar mereka dapat lebih berperan di tengah-tengah era globalisasi. Harapan Sakhyan itu disampaikan dalam acara Sarasehan dan Pelantikan Ikatan Alumni FISIP USU di Jakarta Media Center, hari Selasa (16/3) siang. Hadir dalam kesempatan itu Ahmad Syafei  (Ketua Alumni USU),
Prof Subhilhar (Purek II USU) dan Humaizi (Pembantu Dekan I FISIP) dan para alumni FISIP  USU Cabang Jakarta.

Bahkan, kata Sakhyan, peran alumni FISIP USU dalam kiprah di tingkat nasional dan internasional harus semakin ditingkatkan. Dia mencontohkan, beberapa alumni FISIP USU ada yang sudah berkarier di kedutaan  besar RI di beberapa negara. "Namun pada tingkat
nasional perlu usaha yang lebih keras agar alumni FISIP USU dapat memainkan perannya dalam kancah nasional sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh alumni FISIP di universitas lainnya", kata Sakhyan. Untuk itu, setiap alumni jangan berhenti menjaring  komunikasi antar sesama alumni. Tidak saja alumni FISIP USU, tetapi juga alumni USU lainnya, sehingga satu sama lain bisa saling membantu, saling merajut untuk kemajuan bersama," katanya lagi.

Ketua IKA FISIP USU, Syafei Ahmad menambahkan, alumni USU sudah tersebar di berbagai bidang profesi dan pengabdian di seluruh tanah air. Namun pengabdian ini masih minim, terutama  jika dibanding dengan universitas lain. Sementara Subhilhar menyatakan bahwa USU saat ini terus berbenah. Beberapa predikat telah diraih USU dalam rangka terus berusaha untuk tetap menjadi universitas unggulan di tanah air. Sebab semakin unggul sebuah universitas maka akan melahirkan para alumni unggulan pula. Subhilhar mengajak para alumni FISIP agar menyiapkan peran dan kariernya di berbagai lapangan pengabdian. "Para alumni FISIP USU diharapkan mau memberikan kontribusinya untuk kemajuan almamater dan kemajuan para adik-adiknya yang sedang menempuh pendidikan di bangku kuliah di FISIP USU," kata dia.

Dalam kesempatan itu Abdi Khalik Ginting, Rajin Sitepu dan Lasmaria Nami dilantik sebagai pengurus IKA FISIP USU Periode 2010-2013 masing-masing sebagai ketua,  sekretaris  dan bendahara. (rma)