Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kapal Pemuda ASEAN-Jepang November Merapat di Jakarta


Tokyo: Kapal Pemuda ASEAN-Jepang atau Ship for Southeast Asia Japan Youth Program (SSEAYP) bulan November mendatang  akan merapat di Tanjung Priok, Jakarta dalam program pelayaran tahun ini. Hal ini ditetapkan dalam The 37th Conference on The Ship for SouthEast Asia and Japan Youth Program (SSEAYP) yang berlangsung di Tokyo, dari tanggal 9 Maret hingga 12 Maret 2010.

Dalam Konferensi Kapal Pemuda ASEAN-Jepang ke-37 tahun 2010, Indonesia yang diwakili oleh M. Budi Setiawan Deputi II Menpora bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda dan juga sekaligus sebagai chairman dalam konferensi tersebut, bersama-sama sembilan negara anggota ASEAN lainnya dan Jepang menyepakati kertas kerja rencana jadwal pelayaran, dan negara-negara yang akan menjadi tempat persinggahan.

Program Kapal Pemuda ASEAN-Jepang yang dimulai sejak tahun 1974 ini dipandang sebagai  The Ship of Dream bagi para pemuda di kawasan ASEAN dan Jepang. Selain merapat di Jakarta, tahun ini kapal Fuji Maru yang membawa sekitar 400 pemuda ASEAN dan Jepang, akan melakukan singgah di Yokohama (Jepang), Bangkok (Thailand), Port Klang (Malaysia), Singapura, dan Ho Chi Minh (Vietnam).

Budi Setiawan menjelaskan, selama pelayaran para pemuda tersebut akan melakukan kegiatan diskusi mengenai beberapa isu global seperti: kegiatan pemuda, perubahan iklim, pendidikan, hubungan internasional pemuda, dan lain-lain. Sedangkan pada saat melakukan persinggahan, para pemuda akan melakukan kunjungan kehormatan kepada kepala-kepala negara ASEAN-Jepang, kunjungan ke beberapa lembaga setempat dan tinggal di rumah penduduk.

"Tahun ini kapal Fuji Maru akan merapat di Tanjung Priok, Jakarta pada tanggal 25 November 2010 dan akan meninggalkan Jakarta menuju Singapura tanggal 28 November. Selama 4 hari di Jakarta, Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga merencanakan untuk membawa para pemuda ASEAN-Jepang tersebut melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI, welcome dinner yang dengan tuan rumah Menpora,  serta kunjungan ke Sekretariat Jenderal ASEAN.

Direncanakan pula sekitar 150 keluarga, termasuk keluarga Menpora Andi Mallarangeng, di sekitar Jabodetabek akan menjadi orang tua angkat bagi para pemuda tersebut selama di Indonesia.(rin)