Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Buku Saleh Sudrajat Menembus Langit Diluncurkan


Jakarta: Buku karya Saleh Sudrajat, Menembus Langit hari Kamis (11/3) sore  resmi diluncurkan di Gedung Pasca Sarjana Universitas Indonesia. Buku Saleh Sudrajat ini  menceritakan pengalamannya melakukan terbang solo dengan hanya menggunakan pesawat trike kecil melintas nusantara dari Sabang sampai Merauke. Ekspedisi anggota Wanadri ini mengantarkan Saleh memecahkan rekor MURI, sekaligus mendapatkan penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Asisten Deputi Pengembangan Fasilitator Kepemimpinan Pemuda Kemenpora Zulkifli Akbar mengatakan, apa yang dilakukan Saleh sarat dengan unsur kepemimpinan dalam bidang olahraga sehingga patut dibukukan. ''Saleh harus siap menanggung resiko dengan perjalanannya,'' ujar Zulkifli yang menjadi salah satu pembicara dalam diskusi pada peluncuran buku tersebut.

Ia berharap, buku yang dicetak oleh Kemenpora itu dapat memberikan pelajaran berharga tentang mewujudkan cinta tanah air oleh generasi mendatang. Selain Zulkifli, pelaku perjalanan Saleh Sudrajat dan penulis buku Dwi Agus Susilo juga menjadi pembicara diskusi tersebut.

Saleh menceritakan proses bagaimana ia melakukan ekspedisi tersebut, mulai dari kesulitan mencari sponsor hingga hampir kehilangan nyawanya ketika melewati badai dahsyat di wilayah timur Indonesia. ''Ekspedisi ini saya mulai dengan bermodalkan peta biasa untuk menentukan jalur penerbangan,'' katanya.(mal)