Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Tahun 2012 Reformasi Birokrasi Harus Berjalan Lebih Baik


Jakarta: Hari Rabu (28/12) pagi, Menpora Andi Mallarangeng memimpin rapat bersama  seluruh pejabat Eselon I dan II Kemenpora, di ruang rapat lantai 3 kantor kemenpora. Menpora memberi arahan  mengenai Redefenisi Visi dan Misi Kemenpora tahun 2012, dan  meminta kepada semua pegawai dari mulai eselon I hingga IV di lingkungan Kemenpora agar bisa melakukan refleksi terhadap semua kegiatan yang sudah dilakukan pada tahun 2011, dan apa yang dilakukan tahun 2012. 

Menpora minta kinerja  semua unit harus berjalan dengan baik. "Di ujung tahun ini kita gunakan sebagai refleksi terhadap apa yang sudah kita dan akan lakukan untuk ke depan. Kita harus bisa melihat postur organisasi kita sendiri, efektifitas, efisiensi dan isu-isu pokok dalam menjalankan roda organisasi. Kita harus melakukan langkah-langkah agar reformasi birokrasi di kementerian kita ini bisa berjalan efektif dan efisien, menghindari korupsi, pengawasan, tertib organisasi dan displin bisa mencegah penyakit dalam organisasi. Mencegah lebih baik daripada mengobati," kata Menpora. 

"Kalau organisasi ingin berjalan dengan baik, maka harus dijawab dengan perbuatan yang bagus. Kalau kita bisa mencegah dan meningkatkan organisasi, itu yang terbaik. Harus kita jawab dengan perbuatan. Alhamdulilah, ketika orang mengkhawatirkan soal SEA Games, tapi bisa kita buktikan dengan baik. Kita harus kembangkan lebih baik lagi. Saya ingin melihat diskusi yang berkembang agar semua bisa berjalan di setiap unit. Tahun depan kita harus bisa berlari kencang. Lebih tajam lagi mengimplementasikan kinerja kita, fokus reformasi birokrasi yang tujuan, visi, misi harus jelas sehingga program kita harus efektif dan efisian agar peluang terjadinya penyimpangan semakin minimal," tambah Andi. 

Rapat tersebut juga menghadirkan konsultan Medrial Alamsyah dari Konsultan PT Asia Timur yang selama ini bekerja sama dengan Kemenpora. Medrial mengatakan ada beberapa kendala yang ada di lingkungan Kemenpora untuk menerapkan reformasi birokrasi. "Dalam grand design  reformasi birokrasi Kemenpora sudah dilaporkan ke Kemenpan. Salah satu kendalanya adalah visi yang masih ngambang dan perlu penegasan. Visi belum diterjemahkan ke dalam strategi yang jelas. Budaya kerja kita belum mempunyai rumusan yang kongkrit dan formal. Karena itu pada hari ini kita berkumpul membahas dua hal yang penting, pertama redifinisi misi, dan merumuskan budaya kerja organisasi," kata Medrial. (amr)