Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Menpora Buka Indonesian Youth Summit di UGM

Senin, 24 Oktober 2011 11:40:32

Yogyakarta: Rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda dilakukan pula oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) dengan menyelenggarakan "Indonesian Youth Summit", 24-26 Oktober. Uniknya penyelenggaraan ini bertepatan dengan ulang tahun ke-70 salah satu ikon sosiologi UGM, Prof. Nasikun, yang lahir pada 28 Oktober. "Penyelenggaraan ini menjadi berbeda dengan pelaksanaan lainnya," ujar Menpora Andi Mallarangeng saat membuka di University Club UGM, Senin (24/10) pagi.

Menurut Andi, berbeda, karena biasanya peringatan bersifat seremonial, tapi untuk UGM ini diisi oleh berbagai rangkaian kegiatan selama 3 hari itu. Kegiatan-kegiatan itu di antaranya seminar nasional, peluncuran buku "Pemuda Pasca Orba", dialog lintas generasi, dan pemutaran film. Selain tentu peringatan ulangtahun sekligus purna tugas Prof. Nasikun itu. "Pak Nas banyak jasanya untuk perkembangan Fakultas Ilmu Sosiologi dan Politik maupun UGM secara keseluruhan. Beliau menjadi inspirasi setiap mahasiswa UGM," kata Menpora menyebut panggilan akrab mantan dosennya itu.

Peluncuran buku "Pemuda Pasca Orba" dilakukan You Sure, Pusat Studi Kebijakan Kepemudaan UGM yang bekerja sama dengan Kemenpora. Menpora menyambut gembira terbitnya buku ini, dan diharapkan muncul lagi karya-karya ilmiah menyangkut kebijakan kepemudaan.

"Studi-studi kebijakan kepemudaan harus dimunculkan oleh perguruan tinggi, untuk menjawab tantangan kesiapan pemuda Indonesia menyambut komunitas ASEAN yang akan dibuka pada tahun 2015. Kesiapan sumber daya manusia, perkembangan networking, dan banyak lagi studi yang bisa dilahirkan untuk menjawab tantangan pemuda ke depan," jelas Menpora.

Dengan difasilitasi oleh Kemenpora, pusat-pusat studi kebijakan kepemudaan mulai didirikan di beberapa universitas. Sebelumnya, Universitas Sriwijaya melakukan hal yang sama. Ke depannya, akan banyak perguruan tinggi di Tanah Air memiliki pusat studi kebijakan kepemudaan.

Hadir dalam acara selain Dekan dan Ketua Jurusan Fakultas Ilmu Sosiologi dan Politik UGM, rekan dan bekas mahasiswa Prof. Nasikun, serta Ibu Vitri Mallarangeng, Deputi Lalu Wildan dan Staf Khusus Ivanna Lie dari Kemenpora. (todi)


Bookmark and Share
Oktober 2011
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31