Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

2010, Tahun Pemuda Bersepeda


Jakarta: Pada Jumat (5/3) pagi, Menpora Andi Alifian Mallarangeng mensosialisasikan kegiatan Gebyar Tahun Bersepeda yang akan berlangsung di halaman Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 6 dan 7 Maret 2010 yang bertujuan untuk menggalakkan dan mensosialisasikan mengenai Tahun Pemuda Bersepeda.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Kemenpora dengan komunitas Bike To Work yang memang sudah lama aktif sebagai komunitas yang menggalakkan kegiatan bersepeda untuk bekerja dan sebagai gaya hidup manusia modern yang sejalan dengan pemikiran Kemenpora. "Melalui Tahun Pemuda Bersepeda 2010 kita canangkan untuk menggalakkan sepeda dan anak muda bersepeda, baik ke tempat kerja, sekolah maupun juga untuk berrekreasi bersama keluarga. Dengan Tahun Bersepeda kita harapkan semakin banyak masyarakat bersepeda yang dimotori oleh anak-anak mudanya." kata Menpora dalam konperensi pers yang dihadiri oleh puluhan wartawan di halaman muka kantor Kemenpora.

Gebyar Tahun Sepeda rencananya akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan yang berhubungan dengan sepeda, seperti pameran sepeda, atraksi sepeda BMX, silaturahim dengan komunitas-komunitas sepeda, reparasi sepeda gratis selama dua hari di halaman Kemenpora. Juga ada kegiatan bersepeda malam hari yang bertujuan untuk mulai memperkenalkan bagaimana bersepeda yang baik di malam hari.

Pada Sabtu (6/3) pagi, pembukaan akan dimeriahkan oleh atlet-atlet sepeda nasional yang memenangkan medali emas di SEA Games Laos 2009. Sementara itu pada Minggu pagi akan diadakan Sepeda Gembira (fun bike) bersama ribuan komunitas sepeda di seluruh Indonesia, OKP Pemuda, Badan Eksekutif Mahasiswa di sekitar Jabotabek, dan beberapa kementerian yang sudah memiliki komunitas sepeda (cycling club).

Menpora berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang tahunan. Pada tahun depan diharapkan dapat menjadi lebih besar lagi sejajar dengan pameran otomotif yang telah biasa diadakan."Kalau ada Indonesia Motor Show maka mestinya ada Indonesia Sepeda Show yang memamerkan berbagai macam perkembangan teknologi sepeda dan jenis sepeda yang ada di dunia. Kali ini kita gebyar bersepeda, tahun depan kita bikin Indonesia Sepeda Show yang setara dengan Indonesia Motor show. Penggemar mobil, motor, otomotif setiap tahun ada ajangnya, maka penggemar sepeda tiap tahun juga ada ajangnya di mana mereka bisa berkumpul melihat berbagai macam produk-produk sepeda terbaru." kata Menpora.

Kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi dengan berbagai macam produk dan produsen sepeda dalam negeri. Ini penting mengingat kenyataan Indonesia yang ternyata sudah sebagai negara industri sepeda dan negara pengekspor sepeda, maka olahraga sepeda dapat menggalakkan produksi sepeda dalam negeri. Dengan sepeda sebagai rekreasi juga kita mendapatkan bibit-bibit pembalap sepeda yang andal. "Jadi dengan rekreasi membangun prestasi," tambah Menpora.

Menurut Toto Sugito dari Bike To Work Indonesia, kegiatan ini sangat baik. Ia sangat berterimakasih atas apresiasi Kemenpora terhadap komunitas sepeda yang menurutnya memang harus digalakkan mengingat global warming yang sedang terjadi akibat tingkat pencemaran udara yang sudah sangat tinggi dan kemacetan Jakarta yang sudah sangat parah. Sepeda merupakan suatu jalan keluar sebagai gaya hidup masyarakat modern. Melalui kegiatan ini semua komunitas sepeda dapat berkumpul. (rin)