Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Optimalkan Cabang Olahraga Panahan di Papua


Menpora Andi Mallarangeng, hari Kamis (4/3) sore di ruang kerjanya menerima wakil rakyat dari Mimika, Papua. (foto: tyo/kemenpora.go.id)

Jakarta : Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng akan mengoptimalkan cabang olahraga panahan di Timika Papua. Andi yakin, banyak atlet yang bisa dibina menjadi atlet panah andal dari ujung Timur Indonesia ini. Demikian hal ini disampaikan Andi saat menerima kedatangan Wakil Rakyat dari Mimika, yaitu Ketua DPRD Mimika Trifena M Tinal, Wakil Ketua DPRD Mimika Pieter Yan Magal, Wakil Ketua DPRD Mimika Karel G, para Anggota DPRD Norman K, Elminus M dan Kepala Bagian Umum DPRD B Sakakory didampingi Anggota DPR Partai Demokrat Dapil Papua Milton Pakpahan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga Kamis (4/3) sore. 

Kunjungan para Wakil Rakyat dari Papua ini memang sengaja untuk membahas pengembangan olahraga di Timika. "Saya memang berencana ke Timika untuk mengembangkan cabang olahraga panahan karena di Timika orang baku panah terus," ujar Andi. 

Menurutnya cabang olahraga ini memang tepat dikembangkan di Timika. Panah bukan hal yang baru bagi rakyat Timika. Panah sudah menjadi alat yang dikenal dan digunakan sehari-hari sekaligus menjadi alat bagi kebudayaan masyarakat Papua. Dia berharap energi memanah yang selama ini menjadi persoalan menjadi keunggulan. 

"Di sana panah hidup sebagai senjata dan kebudayaan. Saya merasa energi memanah di Timika ini dapat disalurkan ke arah yang positif. Yang tadinya panah dipahami sebagai bagian konflik sosial kita ubah menjadi positif," kata mantan Juru Bicara Presiden era Kabinet Indonesia Bersatu ini yang merencanakan berkunjung ke Papua. 

Rencana kedatangannya bersama pelatih panah ke Papua juga dapat memperkenalkan panahan modern. Dengan harapan dari panah modern ini akan menghasilkan atlet panah nasional berprestasi di ajang kompetisi internasional. 

Kedatangannya nanti akan didampingi dengan pimpinan suku, pemerintah daerah, sekaligus membawa pelatih untuk menjadikan pemanah Timika menjadi pemanah modern.

Sementara itu, Trifena dan rombongannya pun sependapat dengan Menpora. Dia berharap cabang olahraga panahan modern dapat dibina di Timika dan menghasilkan atlet andalan yang dapat mengharumkan nama Indonesia khususnya Papua. (rma)