Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Kemenpora Ajak Kembangkan Pelayanan Kepemudaan


Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga mengajak kementerian-kementerian terkait bersinergi mengembangkan pelayanan kepemudaan sebagai strategi pembangunan nasional kepemudaan di Indonesia. Plt Deputi Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Muhammad Budi Setiawan mengatakan, inti pelayanan kepemudaan mencakup penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda.

Penyadaran pemuda adalah kegiatan yang diarahkan untuk memahami dan menyikapi perkembangan dan perubahan lingkungan. Pemberdayaan pemuda merupakan kegiatan membangkitkan potensi dan peran aktif pemuda. Sementara, pengembangan dilakukan untuk menggali potensi pemuda di berbagai bidang seperti, kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan. "Ini sesuai dengan amanat yang terdapat di dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan," ujar Budi Setiawan yang menjadi salah satu nara sumber pada sesi kedua Rapat Koordinasi Kementerian/Lembaga Dalam Rangka Pelayanan Kepemudaan di Hotel Nikko, Jakarta, Kamis (4/3) siang.

Dijelaskan, sebelum lahirnya UU tentang Kepemudaan, kebijakan pembangunan kepemudaan banyak menghadapi masalah. Kendala-kendala yang dihadapi antara lain, belum optimalnya pengembangan potensi kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan pemuda. Tujuan dan strategi pembangunan kepemudaan yang dilakukan pemerintah pusat, daerah maupun masyarakat juga tidak ada kesatuan arah. Sementara, masih terjadi tumpang tindih program kegiatan kepemudaan antara 18 departemen/kementerian yang bersentuhan dengan pemuda.

Rakor yang diikuti 31 kementerian maupun lembaga terkait itu diharapkan dapat menyatukan visi dan arah kebijakan dan strategi penyadaran dan pengembangan potensi pemuda lintas sektor. Selain Budi Setiawan, sejumlah perwakilan kementerian terkait juga menjadi pembicara di acara tersebut, antara lain, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Sosial Mu man Nuryana, Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Menkop dan UKM Hari Purwanto dan Kepala Bagian Perencanaan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sapto Purnomo. Kepala Biro Perencanaan Kemenpora Dedi Kusdinar didaulat menjadi moderator pada sesi kedua rakor.(mal)