Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Seskemenpora Buka Rakor Teknis Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga


Wafid Muharam selaku Sesmenpora memberikan sambutan sekaligus membuka Rakor Teknis Pengembangan Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga di Cipayung, Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/3) malam. (foto: tyo/kemenpora.go.id)

Bogor: Sektretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Wafid Muharam membuka Rapat Koordinasi Teknis Pengembangan Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga di Hotel Grand Jaya Raya, Cipayung, Bogor, Selasa (2/3) malam. 

Rakor tersebut diharapkan dapat melahirkan sebuah cetak biru tentang bagaimana pelaksanaan pengembangan kewirausahaan pemuda dan industri olahraga tahun ini. Hal itu dinilai sangat mendesak mengingat kewirausahaan pemuda dan industri olahraga menjadi salah satu modal dasar untuk pengembangan ekonomi bangsa di era keterbukaan. "Terlebih, dengan adanya perdagangan bebas antara negara ASEAN dan China, harus diperkuat dengan produk-produk dari dalam negeri," ujar Sesmen usai membuka Rakor yang dihadiri sekitar 150 peserta dari jajaran Eselon I Kemenpora, Kadispora seluruh Indonesia dan perwakilan sejumlah instansi terkait seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian juga Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.  

Wafid mengatakan, Kemenpora memang sudah melakukan kesepakatan berupa MoU dengan kementerian tersebut karena keterkaitannya dengan upaya pengembangan kewirausahaan pemuda dan industri olahraga.  "Salah satu upaya yang akan kita lakukan, pada SEA Games 2011 mendatang akan secara maksimal menggunakan produk-produk dalam negeri baik seragam maupun peralatan," jelasnya. 

Ketua Panitia Rakor, Ahmad Tarmizi mengatakan, Rakor tersebut akan digelar selama tiga hari mulai Selasa (2/3) malam hingga Kamis (4/3). Semula, Rakor direncanakan dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. Namun, Menpora tidak hadir dan Sesmenpora mewakili Menpora membuka acara tersebut. 

Pada kesempatan itu, Seskemenpora juga sempat mengenalkan Portal Kemenpora (www.kemenpora.go.id) yang sudah beroperasi satu bulan terakhir. Wafid meminta seluruh jajaran Eselon I maupun pihak Dispora seluruh Indonesia untuk memasukkan berita mengenai kegiatannya agar tersosialisasi kepada masyarakat luas. (mal)