Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Indonesia Siap Promosi di Afrika Selatan


Delegasi Indonesia yang mengikuti International Summit Tourism, Sports and Mega Events FIFA World Cup 2010 di Johannesburg Afrika Selatan. (foto:humas/kemenpora.go.id)

Jakarta : Kedutaan Besar Indonesia untuk Afrika Selatan dan Indonesia Trade and Promotion Centre (ITPC) telah sepakat akan menggelar pameran produk Indonesia dan temu bisnis pengusaha muda Indonesia dengan pengusaha Afrika Selatan. Direncakan kegiatan ini digelar akhir  tahun 2010, bertepatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono   berkunjung ke Afrika Selatan. 

Deputi III Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga Sudradjat Rasid dan Staf Ahli Bidang Sumber Daya Olahraga James Tangkudung dalam laporannya menyebutkan, agenda pameran itu dirancang saat meninjau fasilitas untuk Ruang Pamer Produk Wirausahawan Muda dan Produk Industri Olahraga Indonesia di Afrika dalam kunjungan persiapan FIFA World Cup di Johannesburg Afrika Selatan, 22-26 Februari lalu. 

"Kedubes Indonesia bersama ITPC juga telah menyiapkan sejumlah upaya promosi tentang Indonesia. Pihak Kedubes dan ITPC akan mengalirkan informasi tentang produk dari Indonesia, khususnya produk wirausahawan muda dan peralatan olahraga yang bisa masuk ke pasar Afrika Selatan dan negara lain di Afrika," ujar Sudradjat. 

Dalam kunjungan ke Afrika ini delegasi Indonesia juga bertemu Ketua Klub Pencak Silat P ermai Martial Arts, Sariat Arifia. Diketahui klub pencak silat ini berafiliasi dengan Al Azhar Seni Bela Diri Jakarta, yang  telah melakukan promosi olahraga pencak silat Indonesia pada masyarakat Afrika Selatan. "Respon masyarakat Afrika Selatan terhadap olahraga pencak silat cukup tinggi. Promosi olahraga pencak silat dibantu sepenuhnya oleh Kedutaan Besar RI Afrika Selatan," kata Sariat sebagaimana dilaporkan Sudradjat. 

Dan kini, Permai Martial Arts telah mendapat pengakuan dari Martial Arts and Games Committee Afrika Selatan, Persilat, dan Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (International Pencak Silat Federation). Untuk menyambut kunjungan Presiden akhir tahun ini, Permai Martial Arts akan mengadakan Kejuaraan Pencak Silat Tahun 2010. 

"Pada saat itu akan diadakan peragaan 1000 orang pesilat. Kegiatan ini dirancang sebagai upaya untuk mempromosikan olahraga pencak silat Indonesia pada masyarakat Afrika dan Afrika Selatan," katanya. (rma)