Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Indonesia Ikuti Pertemuan Pariwisata dan Olahraga di Afrika Selatan


Jakarta: Indonesia dipercaya untuk mengikuti  International Summit Tourism, Sports and Mega Events FIFA World Cup 2010 di Johannesburg Afrika Selatan, yang berlangsung tanggal 22 s/d 26 Februari lalu.

Lima orang delegasi Indonesia untuk mengikuti pertemuan tersebut, dua diantaranya  adalah James Tangkudung, Staf Ahli Bidang Olahraga Kemenpora dan Sudradjat Rasid,  Kepala Deputi III Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga Kemenpora. Sedang tiga utusan lainnya masing-masing  Wardiyatmo (Sekretaris Jenderal Kementerian Budaya dan Pariwisata), Kiky (Kepala Bidang pada Biro Kerjasama Luar Negeri Kemenbudpar)  dan Cecep, Kepala Sub Bidang Biro Kerjasama Luar Negeri Kemenbudpar.

Selama berada di Johannesburg, delegasi aktif mengikuti sejumlah kegiatan, antara lain  pertemuan Menteri Pariwisata dari Negara G 20. "Kegiatan ini diikuti penuh oleh Delegasi dari Kementerian Budaya dan Pariwisata. Kami mengikuti pada hari terakhir tanggal 24 Februari," kata Sudrajat Rasid. 

Selain Pertemuan 20 Menteri Pariwisata, juga diadakan  Pree-Summit Research Colloquium on Mega Events Sustainability yang dibuka oleh Ms Aneme Malan selaku Deputy Director General Policy Research and Evaluation pada Departement of Tourism. Pree-Summit ini membahas tentang Mega Event Piala Dunia 2010.

Secara umum, penyelenggaraan Mega Event FIFA World Cup 2010 di Afrika telah siap. Rencananya, berbagai infrastruktur seperti stadion, jalan, hotel, fasilitas umum, transportasi, rumah sakit, media informasi telah disiapkan dan ditargetkan selesai pada Mei tahun ini. 

"Mega Event FIFA World Cup 2010 di Afrika Selatan juga sebagai momentum untuk peningkatan ekonomi, industri dan peningkatan industri pariwisata. Juga menjadikan olahraga sebagai industri, infrastruktur, membuka investasi nasional dan internasional, peningkatan ekonomi rakyat, peningkatan perdagangan internasional, menempatkan posisi Afrika Selatan sebagai negara maju di dunia, mempromosikan kekayaan seni dan budaya, melakukan pembangunan berkelanjutan berbasis pariwisata dan olahraga," kata Sudrajat Rasid.

Dari serangkaian acara, yang terakhir digelar yaitu delegasi Indonesia ini mengikuti International Summit Tourism, Sport and Mega Event. Dikatakan James Tangkudung, acara ini kembali menyoroti FIFA World Cup 2010 sebagai satu Mega Event dilihat dari berbagai aspek.(rma)