Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Presiden Buka Rakernas Himpunan Pengusaha Muda


Presiden SBY menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Rakernas HIPMI hari Selasa (2/3) siang,di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta. (foto: rusman/presidensby.info)

Jakarta: Sekarang hingga lima tahun mendatang adalah  peluang bagi kita untuk tumbuh lebih baik lagi perekonomian kita, kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pembukaan Rakernas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XIV di Ballroom Hotel Ritz Carlton, hari  Selasa (2/3) siang.

Presiden  optimis persoalan ekonomi di Indonesia akan terselesaikan dalam waktu 5-10 tahun ke depan. Untuk mencapai harapan itu, diakui, hal itu tentu tidak mudah. "Akan banyak hambatan, tantangan, bahkan ancaman. Namun semua ketakutan itu dapat diselesaikan. Salah satunya melalui  kerjasama dari berbagai pihak baik dari pemerintah maupun pengusaha," kata Presiden.

Hadir dalam kesempatan itu hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, termasuk Menpora Andi Mallarangeng. Hadir pula Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Negara Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa.

Pemerintah pusat, kata SBY sudah memberikan dukungannya. Sementara diharapkan pula  para gubernur, walikota dan bupati juga memudahkan upaya yang dapat mendorong majunya pengusaha-pengusaha di daerah. Aturan-aturan yang dapat menghambat majunya ekonomi daerah harus dijauhkan. Selain itu, guna memperbaiki kondisi ekonomi, kegiatan usaha di sektor riil dan usaha mikro perlu diutamakan. 

"Saya menitip satu hal, yaitu kewajiban kita untuk terus mendorong, mengembangkan dan memajukan usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah termasuk di dalamnya koperasi," kata Presiden, disambut tepuk tangan undangan. Sebelumnya, Erwin Aksa mengatakan bahwa HIPMI akan berdiri di barisan paling depan untuk mendukung pemerintah. (rma)