Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Menpora: Kembangkan Terus Olahraga Sepeda


Menpora di antara para peserta Gowes Bareng-Jakarta City Tour yang diselenggarakan Federasi Penggemar Sepeda Jakarta dan Indosat, Jumat (26/2) pagi. (foto:muchlis/kemenpora.go.id)


Jakarta: Di pagi hari yang cerah jalanan sekitar jalan Merdeka Barat tampak padat dipenuhi oleh para pecinta olahraga sepeda. Jumat (26/2) pagi itu memang sedang diselenggarakan kegiatan bersepeda Gowes Bareng-Jakarta City Tour yang diadakan oleh Federasi Penggemar Sepeda Jakarta bekerjasama dengan Manajemen PT Indosat. Kegiatan bersepeda ini diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari 18 komunitas sepeda balap yang tergabung dalam Federasi Penggemar Sepeda Jakarta.

Menurut Ary Gunari, Ketua Federasi Penggemar Sepeda Jakarta, salah satu tujuan dari diselenggarakannya kegiatan adalah untuk mendorong dan menumbuh kembangkan masyarakat tetap hidup dan mensukseskan program Menpora untuk memasyarakatkan olahraga serta mengolahragakan masyarakat terutama salah satunya adalah melalui olahraga sepeda.

Di antara para peserta tersebut tentu Menpora Andi Alifian Mallarangeng yang sangat mendukung olahraga sepeda. Menpora yang didampingi oleh Staf Khusus Bidang Olahraga Ivana Lie dalam sambutannya mengatakan senang sekali semakin lama bersepeda semakin digemari dan semakin menjadi gaya hidup manusia Indonesia modern. Dulu sepeda merajai jalanan, tiba-tiba hilang karena diganti oleh sepeda motor dan mobil. Kini sepeda kembali lagi ke jalanan dan menjadi bagian dari gaya hidup manusia Indonesia modern yang cinta dengan lingkungan, cinta dengan kesehatan dan merasa bahwa dengan bersepeda hidup menjadi lebih happy sehingga lebih produktif bekerja. Menpora pun sangat berterimakasih karena kini telah banyak organisasi dan perusahaan berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan bersepeda sehingga makin banyak kegiatan masyarakat bersepeda. "Mari kita kembangkan terus karena bersepeda sehat bagi diri sendiri, sehat bagi lingkungan dan membuat kita lebih produktif untuk bekerja," demikian pesan Menpora.

Menpora berada di garis start dengan didampingi oleh Ketua Federasi Penggemar Sepeda Jakarta dan Direktur Penjualan dan Pembangunan Infrastruktur PT Indosat, Fadzri Sentosa. Pelepasan peserta di halaman Gedung Indosat Jalan Merdeka Barat oleh Ketua Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Fanny Tanjung.

Peserta melalui jarak tempuh sepanjang kurang lebih 57 Km, dengan rute Jalan - jalan protokoler Jakarta di antaranya adalah jalan MH. Thamrin - Sudirman - Rasuna Said - Halim Perdanakusuma - Gatot Subroto dan kemudian kembali ke garis finish di jalan Merdeka Barat.

Selain sebagai peserta, Menpora juga turut serta menandatangani Deklarasi Komunitas Penggemar Sepeda Jakarta bersama dengan Fanny Tanjung, Fadzri Sentosa, Ketua Federasi Penggemar Sepeda Jakarta Ary Gunari dan ke-18 perwakilan klub/komunitas sepeda balap. (rin