Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Dibentuk Tim 12 untuk Persiapkan Sarasehan Sepakbola


Jakarta: Pertemuan antara Kemenpora, KONI, PSSI dan PWI yang membahas persiapan sarasehan sepakbola nasional di kantor kemenpora hari  Kamis (25/2) sore, dilanjutkan dengan Rapat Kecil Tim 12. 

Tim ini terdiri dari tiga orang perwakilan dari setiap komponen, antara lain dari unsur Kemenpora yaitu Deputi V Bidang Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga Tunas Dwidharto, Staf Ahli Bidang Strategi Pembangunan Djohar Arifin dan Staf Khusus Bidang Olahraga Ivana Lie. Dari perwakilan KONI adalah Djoko Pramono, Harry Tejo dan Ngatino. Dari PSSI diwakili Mafirion, Bernat Limbong dan Nugraha Besus, sedang  PWI adalah para wartawan senior di dunia sepakbola Sumohadi Marsis, Edi Elison dan Atal S Depari. 

Usai memimpin rapat pertemuan persiapan jelang sarasehan sepakbola nasional, Menpora  Andi Alifian Mallarengeng kepada wartawan mengatakan, Tim 12 ini nantinya bertugas merumuskan format, agenda dan siapa saja yang akan diundang dalam sarasehan yang rencananya diselenggarakan di Malang akhir Maret mendatang. 

"Mudah-mudahan dari Tim 12 ini juga merumuskan detail pelaksanaan sarasehan tersebut dan melanjutkan pertemuan kembali," ujar Andi. Selain Tim 12, dua pelaksana penting juga telah diusulkan yaitu Ketua Pelaksana adalah mantan Ketua Umum KONI Agum Gumelar dan Wakil Ketua Pelaksana yaitu Wagub jatim, Syarifullah Yusuf. 

Nantinya, menurut Andi pertemuan di dalam sarasehan itu akan merumuskan hal-hal yang tidak terkait dengan sepakbola semata melainkan bagaimana memajukan olahraga di Indonesia. Ketua Umum PWI Margiono, menambahkan, untuk berpartisipasi dalam sarasehan tersebut, insan pers  dilibatkan dengan menggelar lomba menulis tentang olahraga dan lomba penulisan ide bertema upaya dan langkah peningkatan prestasi sepakbola. Hadiahnya menggiurkan, yaitu pemenangnya akan ikut dalam ajang piala dunia.

Sementara itu, dari Tim 12, Ivana Lie mengatakan untuk membahas persiapan sarasehan lebih lanjut seperti kepengurusan dan agenda termasuk undangan, akan digelar kembali pertemuan pada hari Selasa (2/3) pekan depan. (rma)