Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Persiapan SEA Games, Lokasi Empat Kota Dibahas


Menpora Andi Mallarangeng didampingi para staf pada acara rapat kerja dengan Komisi X DPR-RI di Gedung DPR-RI, hari Rabu (24/2) malam. (foto: bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Persiapan SEA Games XXVI kembali dibahas. Kali ini, masih pula membahas lokasi penyelenggaraan SEA Games di empat provinsi dipersoalkan. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alifian Mallarangeng memaparkan persiapan SEA Games kepada Komisi X DPR RI dalam Rapat Kerja di Ruang Sidang Komisi X, Rabu (23/2) malam. 

Dalam rapat tentang Persiapan Penyelenggaraan SEA Games XXVI dan ASEAN Paragames VI Tahun 2011 ini Andi didampingi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Wafid Muharam, Deputi Pemberdayaan Olahraga Yunusul Hairy, Deputi IPTEK dan Olahraga Prestasi Tunas Dwidharto, Deputi Pemberdayaan Pemuda Sakhyan Asmara, Deputi Kepemimpinan Pengembangan Pemuda Budi Setiawan, para staf Ahli, Johar Arifin dan Basuki Supartono, staf Khusus Ivana Lie dan Lalu Wildan serta sejumlah jajaran Kepala Biro dan asisten deputi. Duduk di meja pimpinan selaku pemimpin Rapat Kerja, Mahyuddin NS (Fraksi Partai Demokrat), Rully Chairul Azwar (F-Golkar), Heri Akhmadi (F-PDIP), Abdul Hakam Naja (F-PAN). 

Andi Mallarangeng mengatakan empat gubernur sudah siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games. Para gubernur tersebut antara lain Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dalam rencananya, pemerintah telah meninjau dan memastikan empat kota ini siap pada waktunya. "Saya sudah pergi ke beberapa tempat dan sudah bicara dengan gubernur, perencanaannya siap, lokasinya siap," ujar mantan Juru Bicara Presiden era Kabinet Indonesia Bersatu. 

Namun, ada juga yang mempersoalkan jika penyelenggaraan ini dilakukan di empat provinsi karena dinilai tidak efisien. Baik dari sisi anggaran maupun arus transportasi. 

Selain itu dari sisi pembiayaan disepakati akan dibahas dalam Panja SEA Games. Andi mengakui, ada kesulitan yang akan dihadapi bila penyelenggaraan diadakan di empat kota. Andai dirinya punya kekuasaan memilih, tentu akan dipilih satu daerah saja sebagai tuan rumah. Dia berharap, jika memungkinkan penyelenggaraan digelar di luar DKI Jakarta dengan pertimbangan-pertimbangan kesamaan kedaerahan dan persiapan di daerah. Pihaknya akan berkoordinasi secara internal untuk membahas hasil rapat kerja ini. 

Soal anggaran, kata Andi, kegiatan SEA Games belum dianggarkan dalam APBN 2010. Rencananya akan diusulkan pada APBNP. Menurutnya persiapan anggaran harus dilakukan sejak sekarang untuk persiapan sarana dan pengadaan peralatan. Untuk peningkatan prestasi dianggarkan dalam anggaran pembinaan. "Kalau di tahun 2011, ada beberapa peralatan yang harus diimport, tender dan ini berkaitan dengan masalah waktu," ujar Andi. 

Rencananya pembukaan SEA Games dilakukan 11 November 2011. Dalam pelaksanaanya ada 38 cabang olahraga, 11 negara di Asia Tenggara, 10 ribu atlet. Dari sisi yuridis, persiapan juga sudah dilakukan. Penerbitan persiapan tentang penyelenggaran SEA games XXVI 2011 di Indonesia sudah disiapkan dan sudah berada di Sekretariat Negara. (rma)