Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

"Tidak Ada Jalan Pintas Untuk Raih Prestasi"


Bandung: Tidak ada jalan pintas bagi Indonesia untuk meraih prestasi olahraga di dunia internasional. Namun, percepatan bisa dilakukan, kata Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dalam diskusi dengan para stakeholder olahraga Jawa Barat di kantor redaksi Harian Pikiran Rakyat, Bandung, Hari  Minggu (20/2) sore.

Untuk memajukan olahraga nasional hanya ada satu jalan yaitu melakukan proses pembinaan yang terarah sejak dini. "Di cabang sepakbola, misalnya, pembinaan harus dimulai dari usia 12 tahun hingga tingkat senior agar hasilnya jelas," tambah menteri. Upaya Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mempercepat meraih prestasi antara lain di tatanan kebijakan dengan berusaha membentuk pengarusutamaan atau mainstream pemuda dan olahraga. Hal tersebut untuk menggairahkan masyarakat berolahraga. Diharapkan, jika masyarakat gemar melakukan olahraga rekreasi akan lahir atlet-atlet handal dari keturunan mereka, kata Andi Mallarangeng.

Sementara di sektor olahraga pendidikan harus digulirkan banyak pertandingan dalam bentuk liga. "Dengan demikian akan ada pertandingan olahraga tingkat sekolah yang dilakukan setiap pekan sepanjang musim kompetisi," jelasnya.

Diskusi tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara, Wakil Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Budiana Kertawijaya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Anung Ma`mun.  Sementara, Menpora didampingi Staf Khusus Bidang Olahraga Kemenpora Ivana Lie. (mal)