Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pelatihan Pembina Paskibraka Nasional Oleh Kemenpora


Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pengembangan Kepemimpinan Kepemudaan menyelenggarakan Pelatihan Pembina Paskibraka Nasional selama lima hari sejak Kamis (18/2) hingga Senin (22/2) di Diklat Depsos Jakarta.

Pelatihan yang dimulai dengan upacara pembukaan pada Kamis malam lalu itu dibuka oleh Muhammad Budi Setiawan (Deputi Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda).

Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 33 orang perwakilan dari Dinas setiap provinsi, 5 orang dari Purna Paskibraka Indonesia, dan 2 orang dari Kemenpora yaitu Khairil Adha dan Akbar Mia.

Di dalam pelatihan ini Kemenpora melibatkan 5 Purna Paskibraka. Purna Paskibraka adalah para alumni pasukan pengibar bendera Merah Putih di Istana Kepresidenan pada tanggal 17 Agustus. Lima Purna Paskibraka Indonesia tersebut adalah Budhiwan Pradhana (Bali), Murdanil (Sulawesi Barat), I Dewa Agung Sugandha (Bali), T. Awaludin (Aceh), dan Syilvianti Sari Lestari (Kalimantan Selatan).

Tujuan Pelatihan Pembina Paskibraka Nasional adalah untuk meningkatkan jumlah pembina/pelatih Paskibraka di seluruh Indonesia dan meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan bagi pelatih dan pembina Paskibraka sehingga senantiasa dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai pembina/pelatih Paskibraka.

Menurut Erlangga Masdiana (Asdep Kaderisasi Kepemimpinan Pemuda pada Deputi Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda) penanggung jawab pelatihan, bahwa pelatihan ini diadakan dalam rangka memberikan pengetahuan yang standar dalam pembinaan Paskibraka di daerah. Pembinaan meliputi  pelatihan, kepanitiaan, teknis di ruangan, dan teknis di lapangan yang terstandar bagi Paskibraka di setiap provinsi dan kabupaten. Untuk itu diadakan pelatihan bagi calon pembina dari seluruh provinsi dan ditambah dengan Purna Paskibraka oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. (rin)