Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Solo Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games


Deputi Menpora James Tangkudung dan Presiden APSF, Dato Zainal Abu Zarin hari Selasa (15/3) siang di Hotel Sunan Solo, menandatangani MoU penyelenggaraan ASEAN Para Games 2011, disaksikan Walikota Solo Joko Widodo. (foto: bagus/kemenpora.go.id)
Surakarta: Deputi Menpora Bidang Pemberdayaan Olahraga James Tangkudung dan Presiden APSF (ASEAN  Para Sports Federation) Dato Zainal Abu Zarin, hari Selasa (15/3) siang di Hotel Sunan Solo, Jawa Tengah,  menandatangani MoU kerjasama penyelenggaraan ASEAN  Para Games VI Tahun 2011. Penandatanganan kesepakatan ini sebagai wujud komitmen dan legitimasi Indonesia menyelenggarakan pesta olahraga bagi penyandang cacat.

Disaksikan Walikota Solo Joko Widodo dan 11 perwakilan negara-negara ASEAN, Indonesia menyatakan kesiapannya  menyelenggarakan Para Games VI  pada awal Desember mendatang. "Kita berharap akan meraih tiga sukses yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi  dan sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat," ujar James Tangkudung, yang ditunjuk sebagai ketua pelaksana Indonesian ASEAN  Paralympic Organizing Committee (Inaspoc). "Kalau SEA Games pantianya bernama Inasoc, maka untuk Para Games ini panitianya disingkat Inaspoc," jelas James.

Sementara itu, Dato Zainal Abu Zarin optimis Indonesia mampu menyelenggarakan ASEAN  Para Games, mengingat pengalaman dan sarana yang tersedia sangat memadai. "Saya sudah dua kali ke Surakarta melakukan survei, dan kota ini memang layak untuk jadi tuan rumah," ujarnya. "Cabang olahraga  yang nanti akan dipertandingkan  sekitar 10 cabor, yakni tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, panahan, atletik, angkat berat, voli duduk, renang, catur dan goal ball. Cabor ini akan diikuti empat klasifikasi kecacatan tubuh, seperti, tuna rungu, tuna netra, grahita dan daksa,"  jelas Dato Zainal.

Mengenai persiapan venues, Walikota Solo Joko Widodo   mengatakan,  hingga saat ini sarana pertandingan sudah siap 80 persen, sisanya 10 persen Maret ini sedang kita kerjakan. "Kesebelas  perwakilan peserta nanti kita ajak lihat venues, sekaligus kirab keliling kota. Ini kan promosi kota Solo juga," tuturnya .

Dari Kemenpora tampak Staf Ahli Menpora Bidang Informasi, Sachyan Asmara, Staf Ahli Menpora Bidang Olahraga, Tunas Dwidharto, Kepala Biro Humas Amar Ahmad dan beberapa Asisten Deputi Menpora. (win)