Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pemda-Pemda Ditantang Bangun Gelanggang Pemuda


Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menantang para pemimpin daerah untuk membuat gelanggang pemuda yang dapat menampung kegiatan kepemudaan secara lengkap. 

Menpora menilai belum banyak gelanggang remaja yang dapat menampung kegiatan kepemudaan secara lengkap seperti Gelanggang Olahraga Remaja Bulungan, Jakarta Selatan. Di GOR Bulungan, kegiatan olahraga dan kesenian dapat dilakukan dalam satu kompleks. 

"Di daerah-daerah yang ada gelanggang olahraga saja atau gelanggang seni saja," ujarnya saat meninjau GOR Bulungan, Selasa (16/2) siang. 

Menpora berharap di seluruh kota di Indonesia ada gelanggang remaja yang lengkap, sebab gelanggang remaja sangat berguna sebagai tempat menyalurkan minat kaum muda. Apalagi, di perkotaan, jumlah lapangan untuk melakukan olahraga atau kegiatan seni jumlahnya semakin sedikit. 

Menpora menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan identifikasi kota-kota yang sudah memiliki gelanggang remaja maupun yang belum. Kota-kota yang belum punya gelanggang remaja diharapkan membangunnya meski tidak harus mewah. Sementara, yang sudah ada harus dilakukan revitalisasi. 

"Saya tantang Pemda untuk membuat gelanggang pemuda. Tidak harus mahal, bisa dilakukan dengan sederhana dengan lahan yang ada dan berfungsi dengan baik sehingga menjadi tempat anak-anak muda berkreasi," tambahnya. (mal)