Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Andi Mallarangeng: Indonesia Butuh Banyak Profesional Muda


Menpora Andi Mallarangeng menyampaikan sambutan pada pembukaan kompetisi bisnis Country Final TRUST Student Challenge di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (15/2) pagi.(foto:bagus/kemenpora.go.id)
Jakarta: Untuk dapat berperan dalam G-20, Indonesia membutuhkan banyak para profesional muda di bidang bisnis, kata Menegpora Andi Mallarangeng saat membuka Kompetisi Bisnis Country Final TRUST Challenge ke-7 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (15/2) pagi.

Menurut Menpora, dengan bergabung dalam G-20, Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang berperan besar dalam ekonomi dunia. Karena ekonomi nasional semakin tumbuh, Indonesia juga menjadi salah satu lokomotif ekonomi di dunia.

"Dengan demikian, ada kebutuhan yang tinggi di bidang enterpreneurship di masa mendatang. Para pebisnis itu diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan yang terbuka lebar dengan posisi Indonesia di G-20. Maka dibutuhkan  para profesional muda di bidang bisnis untuk mengelola perusahaan-perusahaan yang pertumbuhannya semakin pesat, yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga  Indonesia dapat berperan di G 20," ujarnya.

TRUST Challenge adalah  kompetisi bisnis yang digelar perusahaan multinasional Danone,   diikuti para mahasiswa yang tergabung dalam sebuah tim dari sejumlah perguruan tinggi. Peserta diminta memposisikan diri sebagai jajaran direksi dari sebuah perusahaan internasional.

Menpora mengapresiasi kompetisi yang dilakukan Danone tersebut, karena hal tersebut membuka peluang bagi mahasiswa Indonesia mendapatkan pendidikan dan kemampuan di bidang bisnis. "Seperti olahraga, kewirausahaan tidak hanya membutuhkan bakat, tapi juga latihan, pendidikan dan praktek di lapangan," jelasnya.

Untuk itu Menpora minta para peserta yang masuk final untuk memanfaatkan ajang tersebut sebaik-baiknya. Menpora juga berharap perusahaan besar lain di Indonesia melakukan hal serupa untuk mencari bakat-bakat pemuda Indonesia di berbagai bidang. (mal)