Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kita Bisa Punya Tiga Tim Nasional Tangguh


Jakarta: Indonesia yang terletak di atas kepulauan luas dengan jumlah penduduk sekitar 230 juta orang, memiliki potensi besar untuk menciptakan tim sepakbola yang tangguh. Bahkan bukan hanya satu, tapi tiga tim nasional.

Menpora Andi Alifian Mallarangeng mengemukakan hal itu ketika diwawancara secara khusus oleh harian Rakyat Merdeka di ruang kerjanya, di Gedung Graha Pemuda, Senayan, Sabtu (13/2) siang. "Yang mempunyai pemikiran itu adalah Presiden SBY. Beliau menyebutkan kalau kita mampu memiliki tiga tim nasional yang tangguh sesuai dengan pembagian wilayah kita, yaitu Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Tentu melalui pembinaan yang berjenjang sejak usia dini," ujar Menteri.

Wawancara yang didampingi oleh Kepala Biro Hukum dan Humas, I Gusti Ngurah Bagus Sucitra, itu berlangsung santai. Persoalan yang diungkap lebih banyak menyangkut bidang yang kini digeluti Andi, yakni pemuda dan olahraga. "Menangani bidang kepemudaan dan olahraga lebih fan, karena saya kurang suka dengan yang seremonial. Saya tidak ingin Menteri datang ke daerah dalam suatu acara olahraga misalnya hanya untuk mengibarkan bendera start, saya ingin lebih mendalami roh olahraga itu sendiri. Dalam kunjungan, saya ingin melibatkan terus Dinas Pemuda dan Olahraga, serta stakeholder olahraga setempat. Bicara lebih banyak di lapangan-lapangan olahraga, misalnya dengan bermain tenis, bersepeda, dan bulutangkis," ungkap Menteri yang piawai bermain tenis, tenis meja serta gemar bersepeda ini.

Wawancara yang juga menyangkut sisi humanis dari Menteri berlangsung sekitar satu jam dengan diakhiri oleh pemotretan. (todi)