Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pemain LPI Bertanding Lawan Tim Uruguay


Menpora Andi Mallarangeng foto bersama rombongan Liga Pendidikan Indonesia di ruang rapat kantor kemenpora Sabtu (13/2) pagi. (foto:bagus/kemenpora.goid)

Jakarta : Liga Pendidikan Indonesia (LPI) diminta mampu membentuk tim nasional level pendidikan usia SMP 13 tahun dan SMA usia 15 tahun menjadi tim unggulan sepak bola yang mampu bersaing ke luar negeri dan bertanding dengan pemain yang dilatih di Uruguay. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng mengungkapkan hal ini kepada wartawan usai menerima kedatangan rombongan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) di Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga Sabtu (13/2) siang. 

"Jika dapat 20 pemain unggulan terbaik di setiap tingkat SMP dan 20 pemain unggulan di tingkat SMA. Pemain-pemain ini nanti kita ajak bertanding melawan pemain unggulan yang sudah berlatih di Uruguay," kata Andi. 

Menurutnya, cita-cita Presiden mengembalikan kejayaan sepakbola Indonesia di masa silam dapat terwujud kembali asalkan semua pemain dilatih terus menerus dan mendapat pembinaan sejak dini. Semua prestasi itu, kata Andi tentunya melalui proses yang panjang dan pelatihan yang terus menerus. 

LPI yang baru berjalan di tahun pertama ini diharapkan dapat memberikan pendidikan secara berjenjang mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. LPI harus mampu menyiapkan sejak dini pembentukan pemain berprestasi sehingga Indonesia mampu mengirimkan 2 hingga 4 tim nasional yang dapat bertanding setidaknya di tingkat Asia Tenggara. (rma)