Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Senam Pagi Bersama Wapres


Jakarta: Jumat (12/2) pagi sebagai hari krida, Wakil Presiden Boediono bersama Menpora  Andi Mallarangeng dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh  melakukan senam bersama  di halaman kantor Kementerian ESDM, Jl.Merdeka. 

Ikut bersenam pula Ibu Destiana Darwin, para direksi beberapa  BUMN sektor kementerian ESDM, para atlet berprestasi, para staf di lingkungan Kementerian ESDM dan pimpinan Kemenpora, antara lain Sekretaris Kemenpora  Wafid Muharam, Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Junusul Hairy,  Staf Khusus Bidang Olahraga Ivana Lie, dan Kepala Biro Humas dan Hukum I Gusti Ngurah Sucitra.

Senam kesegaran jasmani ini berupa aerobik low impact berdurasi 30 menit, dengan pemanasan dipimpin Dodi Lontoh dan pendinginan dipimpin Eni, selain itu terdapat dr. Santoso dan Tyana Dewi, atlet nasional aerobik gimnastik juara PON 2004 dan 2008 dan juara SEA Games tahun 2003 dan 2007.

Acara senam bersama dibuka dengan laporan Menpora, yang  menyatakan bahagia  melihat semua berolahraga. "Kami   beberapa waktu lalu mengirim surat kepada seluruh instansi pemerintah, kepada seluruh menteri, bupati, walikota, gubernur dan rektor-rektor untuk kembali melaksanakan keputusan Presiden no. 17 tahun 1984 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto yang sampai sekarang belum pernah dicabut dan karena itu masih berlaku,  yaitu hari Krida Olahraga atau jam krida olahraga setiap hari Jumat, 30 menit sebelum jam kerja," katanya. 

"Karena itu sungguh sangat berbahagia bahwa sekarang ini teman-teman di Kementerian, termasuk di Kementerian ESDM sudah  menyambutnya, dan kemudian sekarang ini melaksanakan jam krida olahraga. Ini  membuat kita sehat, membuat lingkungan juga sehat, sehingga lebih bergairah dan produktif dalam bekerja. Mudah-mudahan ini terus berlangsung di kementerian-kementerian lain dan kami senang sekali bapak Wapres bisa hadir dan menyaksikan sendiri. Kami berharap bapak Wapres bersedia untuk mengimbau kementerian-kementerian lain serta pemerintah daerah untuk bisa berolahraga setiap hari Jumat," tambahnya. 

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh selaku tuan rumah  menyambut baik ajakan Menpora. Dikatakan bahwa keluarga besar Kementerian ESDM berbahagia sekali karena mendapat kepercayaan untuk menjadi tempat terselenggaranya hari krida yang diaktifkan kembali dalam masyarakat kita dalam bangsa kita. "Dengan rajin rutin berolahraga badan kita akan sehat, metabolisme berjalan baik, hal-hal yang positif akan terangkat ke atas yang negatif terbuang. Olahraga akan menyehatkan badan dan jiwa, " katanya.

Wakil Presiden Boediono berterimakasih atas inisiatif untuk menghidupkan kembali suatu praktek yang menurutnya sangat bagus ini. "Olahraga adalah menyeimbangkan kehidupan. Kehidupan adalah keseimbangan antara satu kegiatan dengan kegiatan lain, antara mental dengan fisik." Wapres menyambut baik upaya untuk menghidupkan kembali hari Jumat sebagai hari Krida. "Saya dukung Pak Menpora," kata Wapres. (rin)