Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia Berakhir Hari Ini


Suasana diskusi antara pemuda Australia dan Indonesia dalam Program Australia-Indonesia Youth Exchange Program, Bangka Belitung. (foto:thob/kemenpora.go.id)

Jakarta : Untuk mempererat hubungan antara Indonesia dengan Australia, telah diadakan Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia, atau A ustralia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP).   Tujuannya membangun kesadaran pentingnya hidup bertetangga , meningkatkan people to people contact para pemuda kedua negara dan meningkatkan pemahaman budaya masyarakat kedua bangsa. 

Kepala Bagian Sisinfo dan Pengolahan Data di Kemenpora,  Thobias Tubulau hari Kamis (11/2) sore menjelaskan, tahapan kegiatan AIYEP 2009/2010 dimulai dengan program di Australia selama 2 bulan,  yaitu Oktober - Desember 2009. Kemudian dilanjutkan dengan program di Indonesia selama dua bulan, yaitu Desember 2009 - Februari 2010. 

Selama di Australia, peserta Indonesia melakukan kegiatan home stay dan workplacement, di Margaret River, Perth Australia. Sementara fase Indonesia berlangsung  di Kabupaten Bangka dan Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung. Para peserta melakukan kegiatan Homestay, Work Placement dan Community Development

Program di Provinsi Bangka Belitung berakhir hari ini, Kamis (11/2), dan para peserta akan segera kembali ke Jakarta hingga tanggal 14 Februari 2010, sebelum kembali ke tempat masing-masing. Para peserta dari Australia akan kembali ke Australia pada 14 Februari 2010. Program di Indonesia bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta, utamanya peserta Australia mengenai kebudayaan dan potensi sumber daya alam negara kepulauan Indonesia.

"Dengan lebih mengenal dan memahami budaya Indonesia, maka dapat ditumbuhkan sikap saling menghormati antar dua negara Indonesia dan Australia. Para peserta malam ini akan diterima oleh Sakhyan Asmara, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda bertempat di Graha Wisata TMII, sedangkan pada tanggal 12 Februari siang diterima Menpora dan malamnya diundang makan malam oleh Dubes Australia bertempat di Wisma Kedubes Australia," kata Thobias Tubulau. (rma)