Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Gelar Putra Terbaik dari Takalar


Bupati Takalar Ibrahim Rewa memasangkan pin penghargaan kepada Menpora Andi Mallarangeng, di halaman kantor Kabupaten Takalar, Sulsel, hari Rabu (10/2) siang. (foto:muchlis/kemenpora.go.id)
Takalar: Menpora Andi Mallarangeng hari Rabu (10/2) siang menerima penghargaan sebagai putra terbaik Kabupaten Takalar, Sulsel, pada perayaan Tahun Emas  ke 50 Kabupaten Takalar, di Kantor Bupati Takalar.

Selain Andi Mallarangeng, Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa juga mendapat pengargaan, yang diserahkan oleh Bupati Takalar, Ibrahim Rewa.

Di tempat acara, Andi Mallarangeng dan Harifin Tumpa disambut prosesi upacara adat, dengan payung kebesaran kerajaan. Kemudian   sepasang dara dan daeng yang mengenakan baju adat, mengalungkan sarung khas Bugis Makassar ke leher Menpora dan Ibu Vitri Mallarangeng

Dalam sambutanya, Menpora mengatakan sangat bangga dengan penghargaan yang diberikan kepadanya. Namun tak kalah bangganya melihat kemajuan Takalar yang dulunya hanya daerah pemekaran, saat ini sudah bisa bersaing dengan induknya."Tingkatkan kemajuan ini. Dulu Takalar sangat jauh, sekarang jarak ke Makassar sudah sangat dekat dengan kemajuan sarana dan prasarananya, sehingga transportasi lancar ," ujar Andi Mallarangeng.

Andi menambahkan, suatu saat nanti kalau berkunjung kembali ke Takalar dirinya akan menggunakan sepeda. "Saya ingin naik sepeda nanti kalau ke sini lagi, dan mengajak semua masyarakat bersepeda," kata  Andi.

Sementara itu, Ketua MA Harifin Tumpa, saat diminta memberikan sepatah kata, menceritakan masa-masa awal kariernya sebagai hakim yang ditempatkan di Takalar pada tahun 1969 -1972 . Saat bertugas itulah, Harifin Tumpa menemukan pujaan hatinya, yang hingga kini mendampinginya."Bagi saya pribadi, Takalar penuh memori. Di sinilah saya mendapatkan tambatan hati saya, dan banyak mendapatkan perjalanan hidup dalam meniti karier saya," kata Harifin Tumpa,kelahiran Soppeng, Sulsel.

Mnurut Bupati Takalar, Ibrahim Rewa, dalam perayaan  HUT 50 Takalar ini, berbagai  perkembangan pembangunan yang telah dicapai, bidang pangan, kesehatan, pendidikan, olahraga, dan lain-lain. Dalam acara penganugerahan gelar ini turut hadir  beberapa anggota DPR seperti  Rully, Eko Patrio, Ulfah Hermanto, Andi Timo Pangerang, Ahmad Serre, Wagub Agus Arifin Nu`mang, serta tokoh masyarakat Sulsel. (win)