Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Stadion Jakabaring Menjadi Pusat SEA Games 2011


Menpora Andi Mallarangeng didampingi Gubernur Sumatera Selatan hari kamis (4/2) siang meninjau Stadion Jakabaring yang akan dijadikan pusat kegiatan SEA Games 2011. (foto:muchlis/kemenpora.go.id)
Palembang: Dalam membuka Porwanas di Palembang, Kamis (4/2), Menpora Andi Alifian Mallarangeng juga mengunjungi komplek olahraga Stadion Jakabaring yang akan dijadikan pusat Sumatera Selatan dalam melaksanakan kegiatan SEA Games 2011.

Dalam paparannya di hadapan Menpora, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengungkapkan akan dibangunnya beberapa fasilitas pendukung SEA Games, seperti wisma atlet, kolam renang, panahan, stadion atletk, lapangan tenis, dan beberapa lagi. Memang tidak semua sarana dibangun baru, stadion lama juga akan dipakai. Luas arena yang akan dipakai untuk SEA Games sekitar 650 hektar.

Menurut Alex, dengan semakin lengkapnya sarana dan prasarana komplek stadion itu, Jakabaring dapat mewujudkan keinginannya sebagai tempat upacara pembukaan dan penutupan dibanding tiga daerah lain yang akan menjadi tuan rumah SEA Games 2011. Kepada Menpora, Gubernur Sumsel mengharapkan dukungan untuk terwujudnya fasilitas olahraga tersebut.

Menpora sendiri pada prinsipnya akan membantu pengadaan sarana itu. Bahkan Menpora sudah mengajukan kepada Departemen Keuangan. Ia mengimbau dalam pembangunan agar tidak ditemukan kendala-kendala yang menyulitkan, seperti dalam pembebasan lahan.

"Soal siapa yang akan dijadikan tempat upacara pembukaan dan penutupan, saya kira kita berikan siapa yang paling siap," ujar Andi disambut tepuk tangan hadirin. Seperti diketahui, Jawa Barat dan Jawa Tengah keberatan pada kedua upacara tersebut. Tinggal dengan DKI Jaya saja, dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno-nya, Sumsel bersaing merebut tempat upacara pembukaan dan penutupan SEA Games. (chlis/pul)